Cerita ART 10 Tahun Nabung, Keinginan Berhaji Gagal Gegara Corona

Mukhtar Bagus, iNews · Kamis 30 Juli 2020 16:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 30 519 2254630 cerita-art-10-tahun-nabung-keinginan-berhaji-gagal-gegara-corona-vWSWSEZUeg.jpg Siti Maryam, calon jamaah haji asal Jombang tertunda berangkat lantaran covid-19 (foto: iNews)

JOMBANG – Siti Maryam, seorang pembantu rumah tangga (ART) mengungkapkan kesedihannya lantaran batal berangkat haji tahun 2020 ini, lantaran virus Covid-19. Padahal, ia mengaku sudah menabung selama lebih dari 10 tahun. Meski sedih, wanita berusia 68 tahun itu mengaku ikhlas keberangkatan hajinya harus tertunda.

Perempuan warga Kelurahan Jombatan, Kecamatan Kota Jombang, Jawa Timur ini adalah salah satu dari sekian banyak jamaah calon haji asal Indonesia yang gagal berangkat haji tahun ini. Siti Maryam mengaku sudah memendam rasa ingin pergi haji sejak usianya masih muda.

Namun takdir berkata lain, hajinya harus tertunda lantaran virus corona yang melanda dunia, sehingga pemerintah Indonesia tahun ini tidak mengirimkan jamaahnya.

Kendati demikian, ia tetap bangga masih bisa menabung untuk haji ditengah kesulitan ekonomi karena kebutuhan hidup lain dan biaya menyekolahkan anak masih menjadi prioritas utama. Apalagi setelah suaminya meninggal dunia, ia kemudian bekerja sebagai pembantu rumah tangga.

Setelah anaknya lulus perguruan tinggi, Siti Maryam kemudian berusaha menabung sedikit-demi sedikit dari pekerjaannya sebagai pembantu rumah tangga tersebut. Hasilnya, ia bisa mendaftar haji dan dijadwalkan akan berangkat ke tanah suci tahun 2020 ini.

Setelah berhasil mendaftar haji, ia memutuskan berhenti dari pekerjaannya sebagai pembantu karena usianya sudah lanjut 68 tahun. Namun takdir berkata lain, haji tahun ini tertunda lantaran virus corona. 

“Tertunda karena corona, ini impian saya sejak lama bisa pergi ke rumah Allah. Tapi saya sudah ikhlas, ini sudah jadi ketentuan dan takdir Allah,” tuturnya lirih.

Ia berharap, setelah wabah covid-19 berakhir, pada musim haji tahun depan dapat segera mewujudkan impiannya pergi haji ke Tanah Suci Makkah. "Saya berharap, insya Allah tahun depan bisa berangkat, amin," ucap Siti Maryam sambil mengusap wajah.

(amr)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini