Covid-19, Jumlah Pasien Sembuh di Malang di Bawah Rata-Rata Jatim

Avirista Midaada, Okezone · Kamis 06 Agustus 2020 14:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 06 519 2257940 covid-19-jumlah-pasien-sembuh-di-malang-di-bawah-rata-rata-jatim-jUJSK5mgDL.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

KOTA MALANG - Jumlah pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh terus bertambah di Kota Malang. Hingga Kamis 6 Agustus 2020 dari 778 pasien positif, terdapat 428 yang sembuh.

Artinya dari jumlah tersebut, pasien yang dinyatakan sembuh lebih banyak dibandingkan dengan yang tengah dirawat, yang mencapai 291 pasien. Sementara sisanya 59 pasien meninggal dunia.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Malang dr. Husnul Muarif mengatakan sebenarnya angka kesembuhan pasien positif di Kota Malang masih berada di bawah rata-rata di Jawa Timur.

"Kalau kesembuhan kita masih di bawah rata-rata provinsi, di Jatim masih 62 persen, kita masih 58 persen," ungkap dr. Husnul Muarif saat ditemui di Balaikota pada Kamis (6/8/2020).

Husnul pun berbagi bocoran mengenai lebih banyaknya pasien positif Covid-19 di Kota Malang yang sembuh. Beberapa faktor mulai dari kedisiplinan pasien positif untuk menjaga imunitas hingga lingkungan yang kondusif, menjadi penyebab banyaknya pasien positif yang sembuh.

Baca Juga:  Persentase Kematian Covid-19 di Malang Jadi Tertinggi di Indonesia, Satgas: Semua Ada Komorbidnya 

"Angka kesembuhan tergantung pada, satu, bisa tidak melakukan protokol kesehatan dan menjaga imunitas tubuh, tergantung bersangkutan pasien. Kedua, support warga saat mengadakan isolasi mandiri," tuturnya.

"Artinya segala kebutuhannya dipenuhi warga, sehingga yang bersangkutan tidak memikirkan kebutuhan sehari-hari saat isolasi mandiri," imbuhnya.

Pihak Satgas Penanganan Covid-19 sendiri kini terus mengintensifkan pendeteksian dan pelacakan terhadap pihak yang berkontak erat dengan pasien - pasien positif Covid-19.

"Kita terus intensifkan tracing, perbandingannya satu positif, kita tracing 30 orang yang diduga kontak erat. Sejauh gerakan satu 30 ini cukup efektif dan berjalan," pungkasnya.

Baca Juga:  Persentase Kematian Covid-19 di Malang Jadi Tertinggi di Indonesia, Satgas: Semua Ada Komorbidnya 

Hingga Kamis 6 Agustus 2020 terdapat total 778 pasien positif corona, 59 kasus meninggal dunia, 291 orang dirawat, dan sisanya 428 kasus sembuh.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini