Mendagri Terkejut Jatim Kumpulkan 26 Juta Masker Lawan Covid-19

Avirista Midaada, Okezone · Jum'at 07 Agustus 2020 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 07 519 2258762 mendagri-terkejut-jatim-kumpulkan-26-juta-masker-lawan-covid-19-Td80RvvbZ2.jpg Mendagri Tito Karnavian (Foto: Avirista M)

MALANG – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dibuat terkejut dengan Launching Gerakan 26 Juta Masker Se – Provinsi Jawa Timur. Menurut Tito, sejak awal diakui tak ada yang siap terkait penanganan Covid-19 sejak awal mula masuk ke Indonesia.

“Acara ini (gerakan 26 juta masker se – Jawa Timur), di luar dugaan kami. Ini berawal dari awal Juli, saya menyampaikan ke beberapa kepala daerah,” ujar Tito Karnavian di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Jumat sore (7/8/2020).

“Kita mengalami mulai Maret, awalnya kita gagap dengan Covid-19 bagaimana menghadapi, penularannya bagaimana, konsep yang tepat seperti apa, belum dampak sosial ekonomi,” imbuh mantan Kapolri ini.

Baca Juga: Seorang Karyawan Giant Margo City Positif Covid-19, Mal Tetap Buka

Namun perlahan namun pasti, pemerintah dibantu sejumlah pakar epidemiologi mulai menyusun rancangan protokol kesehatan yang perlu diterapkan di tengah – tengah kehidupan masyarakat. Salah satunya yakni mencanangkan gerakan wajib menggunakan masker untuk mencegah penularan Covid-19.

“Perlahan kita bisa mulai mencari formatnya, perlu ada pencegahan, kuratif langkah untuk menjaga supaya tidak ada efek domino. Proteksi ini paling efektif adalah masker, cuci tangan, jaga jarak, kerumunan sosial,” terang Tito.

Namun, diakui langkah – langkah penerapan protokol kesehatan Covid-19 ini bukanlah hal yang mudah. Perlu cara – cara persuasif untuk mengajak masyarakat supaya patuh protokol kesehatan Covid-19.

“Protokol kesehatan itu mudah diucapkan, sulit untuk diimplementasikan. Persoalan tidak sederhana. Kita dihadapkan tantangan, bagaimana menerapkan empat protokol itu diikuti dan dipatuhi, baik cara soft, maupun cara lain,” paparnya.

Baca Juga: Di Hadapan Mendagri, Khofifah Pamer Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 Jatim

Di sisi lain, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menegaskan masker – masker yang terkumpul dari seluruh kabupaten dan kota, akan langsung dibagikan kepada setiap warga baik yang ber-KTP Jawa Timur dan non- Jawa Timur.

“Sampai dengan kemarin ada 26 juta yang siap dibagikan ke seluruh elemen warga Jatim dan yang berkunjung ke Jatim. Yang ada di sini harus sehat dan yang ada di sini harus sehat,” pungkas Khofifah.

Gerakan 26 Juta Masker se – Jawa Timur sendiri di-launching serentak pada Jumat 7 Agustus 2020 di Pendopo Agung Kabupaten Malang dihadiri oleh Mendagri Tito Karnavian, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, beserta tiga kepala daerah di Malang raya. Sementara itu 35 kota dan kabupaten yang ada di Jawa Timur mengikutinya melalui video conference.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini