Sukses di Pandemi? Ini Prinsip Bisnis yang Wajib Kamu ketahui

Karina Asta Widara , Okezone · Minggu 09 Agustus 2020 09:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 09 1 2259244 sukses-di-pandemi-ini-prinsip-bisnis-yang-wajib-kamu-ketahui-POJJDdmYwx.jpg Foto: Dok Okezone

Apa yang terbesit di benak Anda ketika mendengar nama Reza Nurhilman? Ya, dia merupakan pengusaha muda asal Bandung, Jawa Barat yang sukses dengan bisnis keripik pedasnya yang melegenda dengan omset mencapai hingga Rp 7 miliar perbulan. Sukses di usia muda memang menjadi impian banyak orang. Namun, hal tersebut tentu tidak bisa di dapatkan dengan cara yang instan, diperlukan perjuangan yang keras untuk mencapainya. Bukan hal yang mudah memang untuk meraih kesuksesan tersebut, bahkan beberapa orang harus mengalami jatuh bangun sebelum pada akhirnya bisa menjadi sukses.

Merebaknya kasus virus corona memang terbukti mempengaruhi kehidupan banyak orang, sebagai contoh dari segi kesehatan, pendidikan, termasuk juga ekonomi. Bahkan hingga kini jumlah kasus Covid-19 di Indonesia masih terus saja bertambah yang pada akhirnya membuat laju sejumlah bisnis pun melambat. Belum lagi, masyarakat saat ini tengah mengurangi aktivitas di luar rumah seperti liburan atau belanja.

Roda perekonomian pun melambat, pasar mulai lesu, omset menurun, begitu pula dengan produktivitas. Pemerintah pun telah menyiapkan stimulus untuk membantu mendongkrak ekonomi dan menjaga daya beli, khususnya terhadap UKM. Namun sebagai pebisnis, tentu juga menyiapkan strategi. Apa yang bisa kita lakukan untuk tetap sukses di masa pandemi Covid-19? berikut ulasannya.

  • Lakukan Transaksi Secara Online

Pandemi Covid-19 membawa dampak yang signifikan terhadap dunia bisnis. Maka dari itu, untuk menghindari penyebaran virus corona, sebisa mungkin hindari transaksi secara langsung dengan banyak orang. Anda bisa menggunakan transaksi yang dilakukan secara online seperti m-banking ataupun internet banking.

  • Berikan Distraksi yang Positif

Di masa pandemi Covid-19 berbagai dampak kekhawatiran pun banyak terjadi. Namun, hal tersebut bukan berarti Anda tidak dapat mempromosikan bisnis Anda. Nah, jalan keluar terbaik adalah dengan memberikan Distraksi yang Positif terhadap audiens Anda. Misalnya hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan menceritakan tentang bagaimana kepedulian Anda terhadap sekitar, visi sebagai sebuah brand untuk saling membantu. Anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk membangun semangat banyak orang tentunya melalui kisah-kisah positif dari Anda.

  • Jangan Memikirkan Untung Rugi

Memiliki Loyalitas yang tinggi merupakan salah satu kunci dasar untuk memulai bisnis. Tidak ada kesuksesan yang instan, jadi ketika saat memulai bisnis dan Anda mengalami kerugian, jadikan hal tersebut sebagai proses pembelajaran menuju kesuksesan.

  •  Pentingnya Kreativitas dan Inovasi

Persaingan di dunia bisnis adalah hal biasa. Namun, di era new normal seperti sekarang ini pembuktian melalui kreativitas yang tinggi serta adanya inovasi suatu produk merupakan penguat bisnis dalam menghadapi persaingan. Sebagai contoh, usaha keripik pedas yang fenomenal yang berbahan dasar dari makanan tradisional mampu membuktikan jika dengan adanya inovasi terkini untuk meningkatkan kualitas produk akan mampu mempertahankan keeksistensian produk tersebut ke masyakarat.

  • Personal Branding

Dalam memulai sebuah bisnis kuliner branding yang mudah diingat menjadi kunci masyarakat akan melekat dengan produk Anda, seperti, keripik pedas dengan berbagai level. Tapi juga Anda harus ingat, membangun sebuah branding juga harus dimulai dengan ketekunan dan keseriusan untuk membangun kepercayaan kepada konsumen.

Bagi Anda yang memiliki keinginan untuk sukses dalam membangun bisnis, sehingga tak menyangka #TernyataBisaJadiBesar, yuk simak agar bisnis tetap survive di tengah pandemi, ingin tahu tips selengkapnya? Program Indonesia Digital Market (IDM) akan memberikan rahasianya melalui IG Live @okezonecom pada Selasa, 11 Agustus 2020 yang akan dihadiri oleh narasumber profesional di bidanganya, Reza Nurhilman, founder keripik pedas Maicih.

Program Indonesia Digital Market yang digagas platform media online Okezone dan HSBC Fusion bertujuan untuk membangkitkan semangat para pengusaha muda agar tetap produktif dan berinovasi di tengah pandemi Covid-19. Para pengusaha harus mempu berdiri di tengah situasi sulit seperti sekarang ini. Dengan tekad yang kuat, mereka pun #TernyataBisaJadiBesar di era New Normal.

 CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini