Terpeleset hingga Alami Cedera, Pendaki Gunung Sindoro Berhasil Dievakuasi

Taufik Budi, Okezone · Selasa 11 Agustus 2020 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 11 512 2260215 terpeleset-hingga-alami-cedera-pendaki-gunung-sindoro-berhasil-dievakuasi-IlBxk67riV.jpg Pendaki Gunung Sindoro yang terpeleset saat dievakuasi. (Ist)

WONOSOBO – Seorang pendaki Gunung Sindoro jatuh akibat terpeleset hingga menderita tulang belakang cendera. Tim SAR dikerahkan ke lokasi kejadian untuk mengevakuasi korban.

Survivor itu bernama Vani Wahyu (48) pendaki asal Desa Bratan Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Peristiwa itu bermula saat survivor bersama temannya mendaki Gunung Sindoro via Kledung hingga puncak, pada Senin 10 Agustus 2020.

Mereka menikmati indahnya pemandangan alam dari puncak Gunung Sindoro. Kemudian pada sore hari, mereka hendak turun sampai di Pos 3 Gunung Sindoro. Nahas, survivor mengalami insiden terpeleset lalu terbentur akar pohon.

"Diduga survivor mengalami cedera pada tulang belakang tidak bisa melanjutkan perjalanan kemudian minta tolong," ungkap Kepala Basarnas Semarang Nur Yahya, Selasa (11/8/2020).

Satu tim rescue Basarnas pos SAR Wonosobo segera diterjunkan ke lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi. Mereka juga disertai alat evakuasi seperti tandu dan lampu penerangan agar mudah memberikan pertolongan kepada korban.

"Kondisi jalur pendakian Gunung Sindoro di malam hari gelap tim SAR gabungan naik ke atas disertai alat penerangan/senter untuk mencapai puncak Pos 3 dengan ketinggian kurang lebih 2.500 mdpl," ucap Yahya.

Perjuangan tim SAR tak mudah karena harus menaklukkan medan terjal dan gelap. Sembari menandu survivor, mereka berjalan menuju basecamp hingga pukul 01.00 WIB.

Baca Juga : Kronologi Evakuasi 13 Pendaki yang Terjebak Kebakaran di Gunung Raung

"Setelah kurang lebih 2 jam survivor berhasil dievakuasi dengan menggunakan tandu sampai di Basecamp Grasindo Kecamatan Kledung dalam keaadan selamat," tuturnya.

Baca Juga : Tujuh Pendaki Asal Singapura di Gunung Raung Berhasil Dievakuasi

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini