BKSDA Pastikan Lutung Jawa yang Mati Tinggal di Hutan Lindung Gunung Butak

Avirista Midaada, Okezone · Selasa 11 Agustus 2020 22:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 11 519 2260711 bksda-pastikan-lutung-jawa-yang-mati-tinggal-di-hutan-lindung-gunung-butak-eVcNsz8CWJ.JPG Foto: Illustrasi Okezone.com

MALANG – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur memastikan lutung jawa yang dibantai secara tragis di kawasan Gunung Butak, merupakan satwa liar yang masih hidup di hutan lindung.

Kasi Konservasi BKSDA wilayah VI Jawa Timur, Mamat Ruhmat mengatakan, lutung jawa yang ditemukan mati di jalur pendakian Gunung Butak merupakan hewan liar. Satwa – satwa liar tersebut tinggal di kawasan hutan lindung di Gunung Butak dan Gunung Kawi.

“Lutung tersebut memang habitatnya di sana, jadi dia memang satwa liar, bukan merupakan satwa yang kami lepasliarkan di situ,” ujar Mamat kepada Okezone, Selasa (11/8/2020).

Mamat memastikan bila selama ini pihaknya kerap kali melepasliarkan satwa lutung jawa yang usai dikonservasi di daerah Malang selatan, tepatnya di kawasan Balekambang.

“Kalau kami biasanya melepasliarkan di Malang selatan Balekambang. Kalau di situ memang masih habitat liarnya,” imbuhnya.

Terkait temuan lutung yang mati mengenaskan di Gunung Butak, pihaknya memastikan hal itu dari upaya berburu. Mengingat sejauh ini pihaknya belum pernah menemukan lutung jawa yang tertangkap dari hasil perburuan.

“Kalau yang pernah kita amankan itu dari hasil penjualan secara online. Kalau dari buruan belum pernah,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Resort Hutan Oro - Oro Ombo Kota Batu, Hadi Mustofa memastikan tak ada aktivitas manusia di petak 212, selain pendakian ke Gunung Butak.

“Kalau di petak 212 itu tidak ada aktivitas lainnya dari permukiman penduduk juga jauh kurang lebih 7 kilometer, hanya memang itu jalur pendakian ke Gunung Butak,” tutup Hadi.

Sebelumnya seekor lutung jawa ditemukan mati dengan kondisi mengenaskan di jalur pendakian Gunung Butak. Lutung tersebut ditemukan tim dari Profauna saat berpatroli pada Senin sore yang menjumpai adanya jebakan kawat untuk hewan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini