Peluang Menarik untuk Kamu yang Tinggal di Daerah Bekasi dan Sekitarnya

Fitria Dwi Astuti , Okezone · Selasa 01 September 2020 11:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 01 1 2270681 peluang-menarik-untuk-kamu-yang-tinggal-di-daerah-bekasi-dan-sekitarnya-ONOCMKHk5L.jpg Foto: Dok Univesitas Gunadarma

Sejumlah perguruan tinggi menyediakan beberapa jalur masuk bagi mahasiswa baru tahun ajaran 2020/2021. Termasuk Universitas Gunadarma (UG) yang membuka pendaftaran mahasiswa baru dengan menerapkan sistem pendaftaran yang lebih mudah dan cepat yakni pendaftaran online.

Mengingat situasi dan kondisi dengan adanya Covid-19, salah satu PTS terbaik di Indonesia ini tetap menerapkan physical distancing dengan tidak mengharuskan calon mahasiswanya datang langsung ke kampus dan tidak perlu menunggu kelulusan SMA/SMK/MA.

Mahasiswa baru cukup melakukan pendaftaran online dengan cara membuka website. Nantinya akan ada seleksi dengan memasukkan sejumlah nilai dari beberapa mata pelajaran di rapor semester 4 dan 5.

Nah, untuk Kamu yang masih bingung mengenai cara pendaftaran dan jalur masuk di UG, berikut adalah penjelasannya.

Ada dua cara yang bisa dilakukan mahasiswa baru yang ingin mendaftar ke UG. Pertama, melalui pendaftaran jalur reguler Universitas Gunadarma yakni jalur seleksi yang dibuka secara mandiri untuk para calon mahasiswa baru. Mahasiswa yang akan mendaftar tidak perlu mempersiapkan rekomendasi atau sejenisnya karena seleksi akan dilakukan melalui ujian tertulis.

Untuk inforimasi dan registrasi, Kamu bisa langsung membuka http://pendaftaran.gunadarma.ac.id.

Cara kedua yakni melalui pendaftaran jalur PMDK Universitas Gunadarma. Jalur ini merupakan seleksi yang dilakukan untuk penelusuran minat dan bakat siswa berprestasi di sekolahnya. Namun, perlu diingat jika jalur ini tidak bisa diikuti oleh siswa umum sebab hanya diperuntukkan bagi mereka yang mendapat undangan yang nantinya bisa mengikuti pendaftaran jalur ini.

Sedangkan, jalur PMDK merupakan seleksi untuk menelusuri minat dan bakat bagi siswa berprestasi selama di sekolah dan perencana kuliah di Universitas Gunadarma. Namun, pendaftaran jalur PMDK ini tidak bisa diikuti oleh siswa umum, hanya mereka yang mendapat undangan saja yang bisa mengikuti seleksi ini. Kampus Gunadarma akan menyebarkan undangan PMDK setiap tahun kesekolah-sekolah, kemudian pihak sekolah yang akan memberikan undangan tersebut kepada siswa yang bersangkutan.

Mekanisme pendaftaran dapat dilihat seperti dibawah ini.

Pendaftaran bisa melalui 3 jalur yaitu:

- Online

- Dari hasil UTBK

- Datang langsung tes di kampus dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Pendaftaran dibuka hari Senin – Sabtu pukul 9.00 – 16.00 dan hari Minggu pukul 9.00 – 15.00

Hasil seleksi akan diumumkan secara online melalui website http://pendaftaran.gunadarma.ac.id. yang dapat kamu lihat pada menu hasil seleksi.

 CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini