Turki Tangkap Komandan ISIS dalam Penggerebekan Kontraterorisme

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 01 September 2020 19:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 01 18 2271068 turki-tangkap-komandan-isis-dalam-penggerebekan-kontraterorisme-VoOfVTPCi8.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

ANKARA - Polisi Turki telah menangkap komandan tertinggi kelompok militan Negara Islam (IS) di negara itu, demikian diumumkan pemerintah.

Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu mengatakan, Mahmut Ozden, komandan IS Turki, memiliki "rencana penting" dan telah menerima perintah untuk melakukan serangan teror. Dia mengatakan bahwa Ozden telah ditahan di Provinsi Adana, dan pihak keamanan Turki terus melakukan operasi untuk menangkap tokoh-tokoh IS lainnya.

ISIS, nama lain dari IS, secara resmi mengumumkan kehadirannya di Turki pada 2019 dan telah melakukan berbagai serangan di negara tersebut.

BACA JUGA: Dalam Setahun, Turki Tangkap 865 Komplotan ISIS dari Berbagai Negara

Soylu mengatakan, Ozden telah merencanakan untuk melakukan serangan dengan kelompok 10 hingga 12 teroris ISIS. Dia menyebut tersangka sebagai "emir" atau pemimpin kelompok teroris itu di Turki.

"(Tersangka) terus-menerus menerima perintah dari Irak dan Suriah untuk melakukan serangan di Turki," kata Soylu pada Selasa (1/9/2020) sebagaimana dilansir BBC.

Dia mengumumkan penangkapan Ozden dan memberi selamat pada polisi atas keberhasilan itu.

Menurut laporan Daily Sabah, rencana yang disita selama penggerebekan mengungkapkan bahwa Ozden telah merencanakan untuk menculik beberapa politisi. Komputer, dokumen, senjata dan amunisi juga disita selama operasi di Provinsi Adana, tenggara Turki, itu.

BACA JUGA: Turki Mulai Pulangkan Anggota ISIS ke Negara Asal

Polisi juga menahan tiga tersangka teroris lainnya ditahan dalam operasi kontraterorisme.

Polisi di Turki telah melakukan banyak penggerebekan terhadap ISIS. Pada Juli, Polisi Turki menahan 27 orang yang diduga merencanakan serangan di Istanbul. Sementara pekan lalu, polisi mengatakan mereka telah menangkap seorang pria yang memiliki hubungan dengan ISIS yang merencanakan serangan di Istanbul.

ISIS bertanggung jawab atas sejumlah serangan di Turki, termasuk penembakan mematikan di klub malam Istanbul pada 2017 yang menewaskan 39 orang.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini