Menjadi Pebisnis di Usia Muda Why Not? Ini Tipsnya

Fitria Dwi Astuti , Okezone · Rabu 02 September 2020 15:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 02 1 2271497 menjadi-pebisnis-di-usia-muda-why-not-ini-tipsnya-TryK2jeZua.jpg Foto : Dok.Okezone

Menjadi pebisnis di usia muda memang tak ada salahnya bahkan banyak sekarang anak muda yang kini terinspirasi dan ingin mengembangkan bakat dengan memutuskan untuk berbisnis. Selain sebagai wadah melihat peluang, bisnis baru akan memberikan kesempatan membuka lapangan kerja baru untuk orang lain.

Jika Anda adalah salah satu pemilik impian ini, cara pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuat rencana bisnis yang memiliki fleksibilitas dan strategi promosi di dalamnya.

Lalu, apa saja yang harus dilakukan dan dimiliki agar menjadi pengusaha sukses di usia muda. Simak yuk ulasan berikut :

1. Jiwa optimis

Hal pertama saat Anda memutuskan untuk membuka bisnis di usia muda tanamkan jiwa optimis. Karena optimis sangat penting untuk Anda yang baru memulai usaha. Setiap langkah, sedikitnya Anda harus mengetahui jika ingin memulainya. Anda mungkin tahu beberapa ide bisnis kecil, tetapi Anda tidak akan sukses jika Anda tidak menyukai hal tersebut. Apa yang Anda suka, kebutuhan dan keinginan Anda?

Anda harus tahu dulu bisnis apa yang cocok untuk dijalani, yang pertama nilailah apa yang ingin dijual, terlepas dari kerja keras yang menyertainya. Ini merupakan salah satu hal yang perlu Anda ketahui untuk memulai bisnis.

2. Berani hadapi risiko

Disaat Anda memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis di usia muda, Anda sudah memutuskan untuk harus berani hadapi risiko. Karena pengusaha sukses bukan orang yang menunggu uang datang, tapi bekerja keras dan berani menghadapi risiko dengan analisis yang matang tentunya, demi mengembangkan kekayaan yang dimiliki. Nggak ada bisnis yang tanpa risiko, namun sebagai pengusaha muda Anda harus memikirkan bagaimana agar risiko ini bisa dimitigasi.

3. Jadi pribadi yang proaktif

Yakin deh, setiap orang pasti punya ide yang unik. Sayangnya nggak semua bisa merealisasikan ide yang mereka punya. Sebagai calon pengusaha muda, kamu harus menjadi orang yang proaktif dengan mencoba merealisasikan ide yang ada. Saat peluang kecil kamu harus mencari dan membuat peluang yang baru. Berpikir proaktif akan memberi kamu kendali penuh pada aksi untuk mencapai kesuksesan.

4. Pilih jenis bisnis yang sesuai dengan minatmu

Terdengar klasik memang, namun usaha yang dijalankan sesuai minat terbukti lebih tekun untuk dijalankan. Ketertarikan dengan suatu hal membuat Anda akan tetap berenergi untuk mengeksplor lebih dalam tentang hal tersebut.

Misalnya, Anda sangat senang dengan dunia traveling, rasanya setiap hari ingin selalu menarik koper untuk menjelajah tempat-tempat baru dan mengumpulkan informasi tentang destinasi wisata dan akomodasi terkait tempat baru tersebut. Memutuskan untuk menjalankan usaha di bidang jasa tour dan travel sangat tepat untuk minatmu.

5. Pelajari strategi promosi

Salah satu kunci sukses sebuah bisnis adalah sarana promosi yang tepat. Dengan promosi, maka orang akan tahu jenis usaha yang kamu jalankan. Jika Anda mempertimbangkan untuk menjual jasa seperti wedding planner, fotografer, atau fashion stylist, yang dibutuhkan adalah sosial media sebagai sarana untuk pamer karya. Facebook, Instagram, Twitter atau YouTube sangat membantu untuk membangun pasar dan memicu orang untuk saling mempromosikan dari mulut ke mulut.

Jangan hanya membagi cerita cintamu di sosial media, sudah saatnya Anda juga menyebarkan informasi tentang bisnis yang kamu rintis di sosial media. Saat ini, cara tercepat membuat bisnismu jadi bahan pembicaraan semua orang adalah dengan memanfaatkan sosial media.

Nah tips diatas merupakan kiat sukses untuk para pemuda yang ingin memulai mimpinya menjadi seorang pebisnis. Selain tips diatas, kini ada dua sosok pebisnis muda yang menginspirasi yaitu James Prananto dan Leonarad Theosabrata yang siap membahas tentang “Inovasi di Masa Pandemi : Keharusan atau Hanya Tinggal Kenangan“ ingin tahu selengkapnya? Yuk saksikan Program Indonesia Digital Market (IDM) akan memberikan cerita pebisnis menginspirasi melalui Webinar pada Selasa, 8 September 2020 yang akan dihadiri oleh narasumber profesional di bidanganya, James Prananto (COO Kopi Kenangan) dan Leonard Theosabrata ( Direktur Utama Smesco)

Program Indonesia Digital Market yang digagas platform media online Okezone dan HSBC Fusion bertujuan untuk membangkitkan semangat para pengusaha muda agar tetap produktif dan berinovasi di tengah pandemi Covid-19. Para pengusaha harus mempu berdiri di tengah situasi sulit seperti sekarang ini. Dengan tekad yang kuat, mereka pun #TernyataBisaJadiBesar di era New Normal.

CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini