Harga Merakyat, Strategi Branding Usaha Kopi Yang Kekinian

Karina Asta Widara , Okezone · Kamis 03 September 2020 12:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 03 1 2271973 harga-merakyat-strategi-branding-usaha-kopi-yang-kekinian-2LbZO7Mq2k.jpg Foto: Dok Okezone

Apakah mungkin membangun sebuah usaha di era new normal dengan omset ratusan juta? Jawabannya tentu saja bisa, sebab dalam memulai bisnis ada beragam cara dan trik dan bisa dilakukan oleh para pelaku usaha mikro atau makro diantaranya dengan menjual produk kekinian seperti kopi. Apa sih produk kekinian itu? Ya, produk kekinian adalah produk yang sedang tren atau diperbincangkan oleh banyak orang.

Dan siapa sangka, kopi kini menjadi salah satu bagian dari gaya hidup masyarakat indonesia. Tidak mengherankan karena kopi adalah salah satu komoditas andalan dalam sektor perkebunan di Indonesia. Salah satu contoh seseorang yang bisa sukses di dalam menjalankan usahanya adalah Edward Tirtanata yang tak lain adalah COO Kopi Kenangan yang berhasil membangun dan membesarkan bisnis kopinya yang bernama Kopi Kenangan. Ya, memang maraknya kopi kekinian menjadi daya tarik tersendiri untuk memulai bisnis baru, namun di masa new normal seperti sekarang ini apakah binis kopi masih bisa bertahan di era pandemi Covid-19? Tentu saja bisa yakni dengan menyiapkan strategi branding usaha yang bisa Anda lakukan dengan berbagai cara berikut ini.

1. Pilih Desain yang Menarik

Tak diragukan lagi, jika desain seperti logo dan tagline merupakan salah satu bentuk persepsi visual dari seorang konsumen untuk memilih brand atau produk yang akan dibelinya. Kebanyakan dari konsumen tidak bisa melupakan kesan pertama ketika melihat desain suatu produk yang dirasa menarik. Maka dari itu, pilih desain yang mampu menarik perhatian di hati masyarakat.

2. Promo untuk momen atau hari tertentu

Ketika berani memutuskan untuk memulai bisnis, Anda tidak boleh setengah-setengah dalam menjalaninya. Mak dari itu, jangan ragu untuk memberikan promo di momen atau hari tertentu. Misalnya target market Anda tertuju pada pegawai kantoran, Anda bisa memberikan potongan harga pada jam-jam kantor untuk menarik perhatian konsumen. Strategi semacam ini juga tepat dilakukan untuk Anda yang ingin memulai bisnis baru di bidang kopi kekinian.

3. Rajin Lakukan Inovasi

Melakukan Inovasi dan menciptakan ide yang kreatif dan inovatif juga merupakan nilai tambah dalam bisnis Anda. Misalnya dengan cara mengeluarkan varian-varian rasa terbaru setiap dua minggu atau sebulan sekali.

4. Eksistensi di Media Sosial

Media sosial menjadi salah satu cara paling mudah untuk memperkenalkan produk Anda kepada masyarakat. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk memperkuat eskistensi di emdia sosial yakni dengan cara meningkatkan engagement di media sosial dan beriklan dan Update mengenai promosi produk Anda misalnya dengan memberikan voucher atau giveaway pada konsumen.

5. Utamakan Kualitas Produk

Keseriusan dalam membangun bisnis adalah salah satu kunci bagaimana produk kopi yang akan Anda tawarkan bisa melekat di hati konsumen. Meskipun Anda menjual produk kopi dengan harga yang relatif lebih mahal, tapi jika cita rasa kopi Anda mampu memuaskan konsumen, hal tersebut bisa menjadi nilai lebih untuk brand kopi Anda.

Nah, bagi Anda yang memiliki keinginan untuk sukses dalam membangun bisnis khususnya bisnis kopi kekinian sampai Anda tidak menyangka #TernyataBisaJadiBesar, yuk simak webinar tentang 'Inovasi di Masa Pandemi: Keharusan atau Hanya Tinggal Kenangan melalui Program Indonesia Digital Market (IDM) akan memberikan rahasianya pada Selasa, 08 September 2020 yang akan dihadiri oleh narasumber profesional di bidanganya, Leonard Theosabrata ( Direktur Utama Smesco) dan James Prananto (COO Kopi Kenangan).

Program Indonesia Digital Market yang digagas platform media online Okezone dan HSBC Fusion bertujuan untuk membangkitkan semangat para pengusaha muda agar tetap bangkit dan tidak Terpuruk Imbas Covid-19 dengan berbagai trik bisnis jadi besar di masa pandemi. Maka dari itu, para pengusaha harus mampu berdiri di tengah situasi sulit seperti sekarang ini. Dengan tekad yang kuat, mereka pun #TernyataBisaJadiBesar di era New Normal.

 CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini