Geliat Sport Tourism #DiIndonesiaAja

Fitria Dwi Astuti , Okezone · Kamis 10 September 2020 11:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 10 1 2275440 geliat-sport-tourism-diindonesiaaja-u4trCLUysI.jpg Foto: Dok Okezone

Kekayaan alam yang indah serta keragaman budaya yang kental menjadi keunggulan dalam mempromosikan pariwisata di beberapa daerah #DiIndonesiaAja. Namun, selain kedua hal tersebut, masih ada satu lagi yang bisa dijadikan senjata pariwisata Indonesia, yakni sport tourism. Sport tourism adalah olahraga yang dikombinasikan dengan wisata.

Beberapa tahun belakangan ini, Indonesia memang kerap mempromosikan pariwisatanya lewat konsep ini untuk menarik minat wisatawan, baik domestik atau internasional. Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali pernah mengatakan bahwa Indonesia bisa mengembangkan wisata olahraga atau sport tourism. Ia yakin sport tourism bisa menyedot wisatawan asing datang.

Menpora ingin Indonesia harus menjadi salah satu tujuan pariwisata olahraga dengan memanfaatkan sumber daya alam yang luar biasa. Potensi wisata olahraga di Tanah Air sangat besar dan dapat menjadi daya tarik baik bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara. Potensi tersebut akan memiliki dampak ganda bagi pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya di daerah yang inklusif.

Indonesia memiliki berbagai potensi alam yang melimpah dan bisa menjual paket-paket wisata disertai pengalaman olahraga, seperti arung jeram, naik gunung, panjat tebing, selancar, hingga lari lintas alam. Dengan menawarkan paket tersebut, wisatawan bakal betah tinggal di Indonesia.

Sudah ada beberapa sport tourism yang popular diselenggarakan di Indonesia dan terkenal di kancah internasional. Penariknya yakni alam Indonesia yang bervariasi dan menarik untuk ditelusuri, mulai dari laut, sawah, sungai, hingga wilayah pegunungan.

Beberapa sport tourism Indonesia yang cukup populer misalnya, Tour de Flores, Tour de Singkarak, dan Tour de Ijen. Berasarkan data United Nation World Tourism Organization (UNWTO), tercatat sport tourism mengambil porsi 25 persen dari penerimaan industri perjalanan dan pariwisata. Berikut beberapa daerah yang menjadi lebih dikenal dunia karena event sport tourism-nya :

Ijen, Jawa Timur

Tour de Banyuwangi Ijen, perhelatan akbar yang sudah diselenggarakan selama tujuh tahun berturut-turut ini merupakan ajang olahraga berbalut wisata dengan menempuh rute sejauh 599 kilometer. Salah satu destinasi yang menjadi andalan adalah Paltuding yang masuk wilayah Gunung Ijen.

Uniknya, para wisatawan yang berkunjung untuk melihat gelaran ini juga mempunyai kesempatan untuk melihat api biru atau blue fire yang tersuguh di Kawah Ijen.

Di samping itu, wisatawan juga dapat menikmati berbagai panorama yang ada di kawasan wisata Banyuwangi. Sementara itu, bagi pembalap yang mengikuti Tour de Banyuwangi Ijen juga disuguhkan hal menarik lainnya, yakni sebuah “tanjakan neraka” yang berada di lereng Gunung Ijen. Kemiringan rute yang mencapai 45 derajat dan ketinggian yang mencapai 1.880 meter di atas permukaan laut (mdpl) menjadi alasan mengapa rute ini disebut “tanjakan neraka”.

Tour de Banyuwangi Ijen (Okezone)

Danau Toba

Wisata Danau Toba, Sumatera Utara, menjadi salah satu prioritas dari pariwisata olahraga dengan paket olahraga petualang, tapi ada unsur wisatanya. Pemerintah Kabupaten Samosir meluncurkan rangkaian Horas Samosir Fiesta 2020. Salah satu event sport tourism, yakni Samosir Lake Toba Ultra Marathon, yang rencananya akan diadakan 26-27 September 2020.

Jika tidak ada halang merintang event olahraga balap sepeda bertajuk Tour De Samosir 2020 juga akan digelar. Touring sepanjang 115 KM dengan start-finish di JTS Resort Parbaba. Pihak penyelenggara membuka seluas-luasnya peserta baik dari itu komunitas dan individu dari luar kota maupun mancanegara untuk meramaikan lomba ini.

Danau Toba (Okezone)

Kepulauan Riau

Kepulauan Riau memiliki agenda lengkap untuk menjaring wisatawan. Selain wisata alam dan wisata budaya, Kepri juga memiliki beragam sport tourism. Seperti golf, Yacht Rally Nongsa Reggata, dan Festival Bahari Kepri. Event ini biasanya tersebar di 7 kabupaten/ kota, yakni Batam, Bintan, Tanjung Pinang, Anambas, Natuna, dan Lingga.

Terkait golf, Kepri memiliki 10 lapangan golf berkelas internasional di Batam dan Bintan. Batam memiliki lapangan golf Tamarin Santana Golf Club yang desain lapangannya dikawal langsung oleh Jack Niclauss, perancang 32 ribu lapangan golf di seluruh dunia,

Sport Tourism Kepulauan Riau (Okezone)

Singkarak, Sumatera Barat

Bila mendengar nama Singkarak, mungkin akan banyak dari Anda yang langsung teringat Tour de Singkarak. Ya, Tour de Singkarak adalah salah satu ajang balap sepeda di Indonesia yang sudah mendunia. Pertama kali digelar pada 2008, Tour de Singkarak merupakan ajang untuk mempromosikan Sumatera Barat (Sumbar) sebagai salah satu destinasi wisata Indonesia, khususnya dalam sport tourism. Namun, hingga saat ini belum ada informasi pagelaran Tour de Singkarak.

Tour de Singkarak (Okezone)

DKI Jakarta

DKI Jakarta dipastikan akan menjadi penyelenggara pertama event marathon internasional, Indonesia Marathon 2020. Event tersebut rencananya akan digelar sebelum penghujung tahun 2020. Jakarta layak dipilih menjadi lokasi pertama karena sesuai dengan konsep sport tourism yang diusung pemerintah maupun penyelenggara. Melalui Indonesia Marathon 2020 ekonomi di Jakarta lebih maju terutama yang mikro.

Jakarta Marathon (Okezone)

Itulah beberapa referensi daerah dengan sport tourism. Bagi Anda yang masih bimbang memilih lokasi wisata yang akan dikunjungi, Anda bisa mendapatkan berbagai referensi tempat wisata di sini.

CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini