Destinasi Sport Tourism di Kepulauan Riau

Fitria Dwi Astuti , Okezone · Senin 14 September 2020 16:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 14 1 2277562 destinasi-sport-tourism-di-kepulauan-riau-H6sFYnffwN.jpg Foto: Dok Indonesia Travel

Dalam memperingati hari olahraga nasional, 9 September lalu, sport tourism atau wisata olahraga #DiIndonesiaAja menjadi salah satu kegiatan yang mulai dipopulerkan saat ini. Presiden Joko Widodo (Jokowi) memprediksi bahwa sport tourism akan semakin besar dan banyak diminati. Menurutnya, ke depan masyarakat akan lebih menyukai kegiatan olahraga di luar ruangan.

Meskipun akses ke beberapa wisata olahraga dan olahraga air belum sepenuhnya terbuka untuk umum, masih ada beberapa kegiatan yang dapat kamu lakukan apabila menikmati liburan di resort dan hotel di Bintan dan Batam, Kepulauan Riau.

Kepulauan Riau (Kepri), sebagai salah satu wilayah yang terletak di kawasan perbatasan, memiliki peran penting bagi kemajuan pariwisata Indonesia. Pariwisata di Kepri didukung dengan atraksi, amenitas, serta aksesibilitas yang mumpuni, sehingga mampu menarik wisatawan mancanegara (wisman).

Di sini, berbagai event sport tourism internasional, seperti Tour de Bintan, Bintan Triathlon, IRONMAN, Spartan Race, Bintan Golf Challenge, dan lainnya diadakan setiap tahun yang menarik baik peserta maupun pendukung untuk ikut serta dalam kemeriahan tersebut.

Sektor pariwisata Kepri berkembang pesat. Bintan menjadi salah satu destinasi sport tourism unggulan Indonesia. Hal itu menjadi angin segar bagi sektor pariwisata Bintan. Hal ini dapat memperkuat posisi Bintan sebagai destinasi sport tourism kelas dunia.

Berikut beberapa destinasi wisata olahraga yang dapat kamu nikmati sembari berlibur di Kepulauan Riau:

Bersepeda di Barelang, Batam

Jalanan Batam memang menantang bagi pesepeda. Tak hanya untuk profesional, tapi juga cocok untuk para pemula. Batam dipilih karena memiliki jalur yang menantang bagi pesepeda. Ada tanjakan dan tikungan yang bervariasi. Bila kamu suka mengejar sunrise, kamu dapat bersepeda ke Jembatan Barelang, Batam untuk menikmati indahnya matahari terbit dan mengambil foto kenang-kenangan. Lokasi ini memiliki trek yang disukai oleh para pesepeda lokal dan menjadi salah satu spot favorit bagi para wisatawan lokal. Meski demikian, selalu patuhi protokol kesehatan dan hindari kerumunan.

Menelusuri Track Tour de Bintan

Bintan menjadi destinasi diadakannya Tour de Bintan sehingga cocok untuk kamu yang ingin tetap berolahraga dengan sepeda atau sekadar jogging dan menikmati pemandangan alamnya. Bintan sendiri menjadi salah satu lokasi tetap untuk balap sepeda kelas internasional karena ragam pemandangan yang dapat dinikmati oleh wisatawan dan peserta balap. Mulai dari pantai, pegunungan, hingga gurun pasir dapat ditemukan saat kamu bersepeda menyusuri pulau ini.

 

Tour de Bintan (tourdebintan.com)

Bermain Golf di Batam

Bermain golf merupakan salah satu pilihan wisata Batam yang dapat kamu nikmati. Selain karena pemandangannya yang indah, wisata golf di Batam merupakan salah satu wishlist bagi para penggemar olahraga golf mancanegara. Dengan lapangan golf berstandar internasional, tentu saja banyak penggemar olahraga ini yang kemudian betah untuk menghabiskan waktunya di Batam dan kamu pun tidak boleh melewatkan aktivitas ini saat berkunjung ke Batam.

 

Wisata Golf di Batam (Okezone)

Mangrove Kayaking atau Wakeboarding/Cable Ski di Bintan

Treasure Bay Bintan masih ditutup hingga tanggal yang belum ditentukan bagi umum, namun kamu dapat tetap melakukan beragam aktivitas yang mereka tawarkan apabila kamu menginap di Treasure Bay Bintan pada saat weekend.

Coba nikmati wisata air dengan kayak mengarungi hutan bakau di sekitar kawasan pulau Bintan. Bila hal tersebut kurang menantang, kamu bisa mencoba Wakeboarding/Cable Ski. Kedua paket olahraga air tersebut dapat ditemukan di Treasure Bay Bintan dan dapat menjadi alternatif kegiatan seru selama berwisata.

 

Treasure Bay Bintan (Okezone)

Pada akhirnya, kegiatan olahraga apapun yang kamu lakukan selama kamu menikmati liburan harus tetap dilakukan sembari menaati protokol kesehatan yang berlaku, ya. Gunakan masker, jaga jarak, hindari kerumunan, serta patuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Bagi kamu yang masih bimbang memilih lokasi wisata yang akan dikunjungi, bisa mendapatkan berbagai referensi tempat wisata di sini.

 CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini