Otoritas Sudan Keluarkan Fatwa Haramkan Normalisasi Hubungan dengan Israel

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 02 Oktober 2020 16:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 02 18 2287441 otoritas-sudan-keluarkan-fatwa-haramkan-normalisasi-hubungan-dengan-israel-Lv8H4yGmip.jpg Warga Sudan memprotes Uni Emirat Arab dan Bahrain yang menormalisasi hubungan dengan Israel, 25 September 2020. (Foto: Anadolu Agency)

KHARTOUM - Otoritas pemerintah Islam Sudan kemarin mengumumkan menentang normalisasi hubungan dengan Israel yang diduga sedang direncanakan Khartoum.

Media lokal, mengutip sumber resmi, melaporkan bahwa sebuah Fatwa telah dikeluarkan di tengah laporan bahwa Sudan dan Israel akan segera menandatangani perjanjian normalisasi hubungan, demikian dilaporkan Middle East Monitor.

BACA JUGA: Setelah 30 Tahun, Sudan Hapuskan Penggunaan Hukum Islam

Bulan lalu, Menteri Luar Negeri Sudan Omar Qamar Al-Din, mengatakan bahwa pemerintah Amerika Serikat (AS) telah berjanji untuk mempelajari kemungkinan mengeluarkan Sudan dari daftar "negara sponsor terorisme", jika Khartoum menjalin hubungan dengan Zionis.

"Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo telah mengunjungi Ibu Kota Sudan, Khartoum dan mengajukan dua file, yang pertama adalah normalisasi antara Sudan dan Israel, dan yang kedua adalah menghapus Sudan dari daftar negara yang mensponsori terorisme," katanya kepada media lokal Tayyar.

BACA JUGA: Qatar Tak Keberatan Normalisasi Hubungan dengan Israel, Asal...

Sejak penggulingan mantan Presiden Sudan Omar Al-Bashir pada April 2019, pemulihan hubungan antara Khartoum dan Washington semakin cepat.

AS mulai menjatuhkan sanksi ekonomi terhadap Sudan pada 1997 dan telah mendaftarkannya sebagai salah satu negara yang mensponsori terorisme sejak 1993.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini