Cerita Prajurit TNI Asal Suku Anak Dalam, Jaga Perbatasan Hingga Bantu Warga di Kebun

Azhari Sultan, Okezone · Senin 05 Oktober 2020 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 05 340 2288747 cerita-prajurit-tni-asal-suku-anak-dalam-jaga-perbatasan-hingga-bantu-warga-di-kebun-Ny18KlVfd1.jpg Prada Budi (kiri berseragam TNI). Foto: dok.Prada Budi

JAMBI - Prajurit TNI asal Suku Anak Dalam (SAD) Jambi, Prada Budi punya cerita ketika bertugas. Dengan senang hati ia menjalankan setiap amanah yang diberikan, contohnya saat menjaga perbatasan hingga membantu warga di kebun.

Contohnya di sela-sela tugasnya sebagai anggota Satgas TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD), dia menyempatkan diri membantu warga di kebun untuk memanen kulit manis (kayu manis) milik Rusdi, penduduk Desa Sungai Langkap, Kabupaten Kerinci, Jambi.

Diakuinya, kegiatan ini sangat membantu masyarakat. "Senang bisa membantu masyarakat, terutama di bidang teritorial," ujarnya, Senin (5/10/2020).

Baginya, slogan TNI berasal dari rakyat dan untuk rakyat selalu dipegang teguh. Karena itu, saat dirinya ikut program TMMD Reguler ke-109 Kodim 0417/Kerinci Tahun anggaran 2020 bersama anggota TNI lainnya, membuat dia merasa gembira. "Bisa menyatu dan membantu rakyat suatu kegembiraan bang," imbuh Budi singkat.

Baca Juga: Ucapan Terima Kasih Jokowi untuk TNI di Pedalaman, Pebatasan hingga Luar Negeri

Dia berharap TNI yang diperbantukan bisa bermanfaat bagi masyarakat. "Apa yang dibuat dan dibantukan bisa dirawat sehingga bermanfaat bagi masyarakat luas," katanya.

Melihat hal tersebut, Danramil 417-01/Gunung Kerinci Kapten Inf Yatrizal bersama Babinsa setempat Serka Hendra Milus mengapresiasi anggotanya yang menyatu dengan rakyat.

"Inilah bentuk kemanunggalan TNI dengan rakyat yang harus selalu dijaga, karena TNI berasal dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat,” ucap Danramil.

Untuk diketahui, Prada Budi merupakan anggota Yonif Raider 142/KJ yang tergabung dalam Satgas TMMD ke-109 di wilayah Kodim 0417/Kerinci.

Baca Juga: Aksi Heroik TNI yang Bikin Bangga, Nomor 5 Super Berani

Dia berasal dari Kawasan Terpadu Madani Suku Anak Dalam (SAD) Desa Lubuk Jering, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi.

Di samping itu, Prada Budi merupakan warga SAD yang berhasil menjadi TNI. Dia baru pulang tugas selama kurang lebih satu tahun menjaga perbatasan Indonesia-Timor Leste di Nusa Tenggara Timur (NTT).

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini