Kisah Polisi Sukses Jadi Peternak Lele, Berawal dari Menilang Pengendara

Hana Purwadi, iNews · Jum'at 09 Oktober 2020 13:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 09 519 2290977 kisah-polisi-sukses-jadi-peternak-lele-berawal-dari-menilang-pengendara-elvLNNG0OD.jpg Bripka Hedi Lingga Pratama. Foto: Hana Purwadi

PROBOLINGGO - Bripka Hedi Lingga Pratama yang merupakan anggota Polsek Mayangan, Kota Probolinggo, sukses beternak lele sistem prebiotik dan bioflok.

Ternak dengan sistem ini mempercepat pertumbuhan dan masa panen lele. Ditambah ketekunan dan keuletanya, Hedi kini meraup omset puluhan juta rupiah per bulan.

Karena kesuksesan ini pula dirinya sering menjadi mentor peternak lele di kalangan masyarakat dan anggota polri. k

Bripka Hedi beternak di Desa Pabean, Kecamatan Dringu. Menurut anggota Reskrim Polsek Mayangan itu, sistem bioflok membuatnya menghemat tempat.

Sedangkan dengan sitem prebiotik, maka itu akan mempercepat lele lebih besar sehingga masa panen tiba lebih cepat.

Ide awal menekuni ternak lele, kata dia, yaitu saat bertugas di Satlantas Polresta Probolinggo. Waktu itu ia hendak menilang pengendara pengangkut lele yang kedapatan melanggar arus lalu lintas.

Baca Juga: Kisah Bripka Julianto Pane, Polisi Pendiri Sekaligus Pemimpin Pesantren

Usai mengobrol dengan pengendara yang merupakan peternak lele itu, Hedi mulai belajar lalu menekuni ternak lele dengan mencoba satu bak kolam bioflok. Modal awal, ia membeli kolam bioflok , bibit lele, dan perlengkapan lainya, dengan biaya Rp3 juta,

Dalam soal pakan, polisi berputra 3 ini menggunakan sistem prebiotik yaitu mencampur pakan (pelet dengan cairan treatmen ) menggunakan aerator.

Cairan prebiotik ini dia buat sendiri dengan menggunakan bahan alami seperti daun pepaya dan bahan alami lainya.

Dengan sistem itu, mulai dari msa bibit hingga panen hanya membutuhkan 1 bulan. Sedangkan untuk sistem biasa, masa panen bisa mencapai 3 bulan bahkan lebih.

Kini bisnis yang ditekuni sejak tahun 2009 ini sudah sukses dan beromset puluhan juta rupiah dalam sebulan. Bripka Hedi sekarang sudah memiliki belasan bak bioflok. "Ini saya usahakan setiap bulan bisa panen 1 ton," ucapnya pada Jumat (9/10/2020).

Baca Juga: Kisah Pengangguran Berharta Rp10,3 Triliun yang Dicari Banyak Orang, Kenapa?

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini