Sebar Hoaks 1 Demonstran UU Ciptaker Tewas, Seorang Pria Ditangkap

Agregasi Sindonews.com, · Selasa 13 Oktober 2020 21:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 13 340 2293156 sebar-hoaks-1-demonstran-uu-ciptaker-tewas-seorang-pria-ditangkap-YRNaGEoVTc.jpg Polda Kalbar tangkap seorang pria yang menyebarkan hoaks demonstran UU Ciptaker meninggal. (iNews)

PONTIANAK – Seorang pria berinisial ED (49) ditangkap polisi lantaran menyebarkan kabar bohong alias hoaks terkait adanya satu korban meninggal saat aksi tolak Omnibus Law Undang-Undang Cipta Kerja.

Selain itu, tersangka yang merupakan warga Kecamatan Pontianak Barat, Kota Pontianak ini diamankan anggota Subdit V Siber Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Kalbar, juga karena menghasut demonstran untuk berbuat anarkistis.

ED kemudian diperiksa intensif di ruangan penyidik Subdit V Siber Polda Kalimantan Barat, Selasa (13/10/2020).

Kasubdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jabar Kompol Dudung Setyawan mengatakan, ED diamankan terkait komentarnya di unggahan aksi demonstrasi yang berlangsung ricuh di media sosial.

"Komentar tersebut berisi hoaks ada korban jiwa meninggal dunia dalam demonstran yang digelar mahasiswa di Kantor Pemprov Kalbar tersebut. Dia juga menghasut para pendemo untuk melakukan aksi demo lanjutan dengan membawa senjata untuk melawan petugas kepolisian," kata Kasubdit V Siber, melansir Sindonews.

Komentar tersangka ED, ujar Kompol Dudung, juga menghasut demonstran melakukan tindakan brutal agar terjadi chaos. "Sehingga, (tindakan ED) dinilai menerbitkan keonaran di kalangan masyarakat," ujar Kompol Dudung.

Kepala Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Kalbar menuturkan, atas perbuatannya, ED terancam dijerat Pasal 45 junto Pasal 28 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini