3 Anak Kucing Hutan Ditemukan Warga saat Panen Padi

Fathnur Rohman, Okezone · Rabu 14 Oktober 2020 15:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 14 525 2293559 3-anak-kucing-hutan-ditemukan-warga-saat-panen-padi-4nlk89U962.jpg Warga Cirebon menemukan 3 anak kucing hutan saat tengah memanen padi (Foto : Okeezone.com/Fathnur)

CIREBON - Sebanyak tiga ekor anak kucing hutan ditemukan pria bernama Rakhman, warga Desa Panguragan Wetan, Kecamatan Panguragan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Rakhman tidak sengaja menemukan ketiga anak kucing hutan itu saat sedang memanen padi di sawah dekat rumahnya.

Awalnya, ia menyangka kalau yang ditemukannya jenis kucing kampung biasa. Namun setelah diperhatikan, ternyata ketiga ekor anak kucing itu, termasuk jenis hewan langka dan dilindungi.

"Ditemukan di hari Minggu waktu saya panen. Saat saya motong padi, saya lihat ada tiga ekor anak kucing hutan ini. Saya kira ini kucing biasa. Tapi setelah dilihat ternyata beda sama kucing kampung," kata Rakhman kepada Okezone, Rabu (14/10/2020).

Ketika ditemukan, sambung Rakhman, induk dari ketiga ekor kucing hutan ini sudah melarikan diri. Sehingga, ia memutuskan untuk membawa pulang dan merawat anak kucing hutan tersebut. Ia mengaku hanya merawat dua ekor anak kucing hutan. Sedangkan, satu ekor anak kucing hutan lainnya dibawa pulang oleh temannya.

"Dari dulu saya belum pernah lihat kucing seperti ini. Karena kucingnya seperti macan, akhirnya saya bawa pulang. Induknya kabur. Nemu tiga ekor, tapi satunya dibawa sama teman saya," ujar Rakhman.

Rakhman telah melaporkan dan akan menyerahkan kedua ekor kucing hutan yang dirawatnya itu, kepada Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat (Jabar). Kedua anak kucing hutan ini dalam kondisi sehat dan terlihat masih menunjukan sifat liarnya.

"Waktu dirawat saya kasih susu saja. Saya akan serahkan kedua kucing hutan ini kepihak yang berwajib," imbuhnya.

3 anak kucing ditemukan warga Cirebon saat memanen padi (Foto : Okezone.com/Fathnur)

Baca Juga : Antisipasi Pembakaran Fasilitas Publik, Damkar Siagakan Mobil Pompa di Monas

Baca Juga : Klaster Keluarga Penyumbang Kasus Covid-19 Tertinggi di Bogor

Sementara itu, Polhut Pertama BBKSDA Jabar, Ade Kurniadi Karim menyampaikan, pihaknya langsung menindak lanjuti terkait adanya laporan penemuan anak kucing hutan di Desa Panguragan Wetan.

Ade memastikan, anak kucing yang ditemukan oleh Rakhman adalah jenis kucing hutan atau kucing kuwuk, yang memiliki nama latin Prionailurus bengalensis. "Sekarang kami tindak lanjuti. Itu jenis kucing kuwik atau Prionailurus bengalensis," ucap Ade.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini