Tertarik Jadi Womenpreneur? Ini 5 Tips Memulai Bisnis

Agustina Wulandari , Okezone · Sabtu 17 Oktober 2020 08:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 17 1 2295065 tertarik-jadi-womenpreneur-ini-5-tips-memulai-bisnis-mhmG6eLvAZ.jpeg Foto : Dok.Okezone

Perempuan terkadang dituntut menjadi tangguh dan serba bisa dalam hidupnya. Baik perempuan single atau sudah menikah banyak yang memilih menjadi wanita karir sekaligus ibu rumah tangga dan mencoba mandiri secara finansial.

Namun, menjadi karyawan kadang kala menemukan kejenuhan. Apalagi di tengah pandemi seperti saat ini, perekonomian menjadi sektor paling terdampak dan menyebabkan terjadinya efisiensi di beberapa perusahaan, sehingga pengangguran meningkat. Oleh karena itu, hal tersebut bisa menjadi titik balik untuk memulai sesuatu yang baru.

Menjadi womenpreneur adalah satu jalan yang ditempuh menghadapi pandemi ini. Memulai bisnis bisa dilakukan oleh siapapun yang memiliki niat dan tekad untuk merintis usaha hingga nantinya berkembang menjadi besar.

Kamu tertarik menjadi womenpreneur sukses? Nah, sebelum memulai bisnis, kamu perlu tahu tips-tipsnya berikut ini.

1. Kenali Kemampuanmu

Langkah pertama memulai bisnis adalah mengenali kemampuanmu. Ingat kembali apa skill yang kamu miliki, atau passion apa yang ada di dirimu. Mungkin juga kamu memiliki bakat terpendam yang selama ini enggan kamu tampilkan. Nah, kamu bisa memulai bisnis dari keahlian yang kamu miliki. Misalnya, kamu suka menjahit, kamu bisa membuat pola-pola sederhana, seperti tas, baju, dompet yang bisa kamu jual ke orang lain.

2. Cari Partner

Dalam menjalankan usaha tak mungkin kamu akan melakukannya sendiri. Paling sedikit kamu perlu 1 orang sebagai partner bisnismu yang bisa membantumu sekaligus support dalam membangun bisnis. Dengan hadirnya seorang partner, kamu bisa berbagi ide dan berdiskusi untuk merencanakan bisnismu ke depannya.

3. Rencanakan Bisnis dan Target Pasar

Setelah kamu tahu bidang bisnis yang akan kamu jalankan dan partner bisnis sudah kamu dapatkan, langkah selanjutnya kamu perlu merencanakan bisnis dan target pasarnya. Dalam merencanakan bisnis kamu harus pikirkan secara matang dan rinci agar tetap pada tujuan dan tak kehilangan arah dalam mengendalikan bisnismu.

4. Ciptakan Inovasi

Jika ide bisnismu sudah ada di pasar, sebagai womenpreneur kamu tak perlu kecil hati. Kamu hanya perlu memutar otak sedikit untuk menciptakan inovasi. Pertimbangkan apa yang membuat produkmu lebih menarik dibandingkan produk lain. ya, dengan inovasi kamu bisa menentukan keunikan produkmu sendiri.

5. Lakukan Sekarang!

Setelah rencana bisnismu sudah matang, segera lakukan sekarang juga. Jangan tunggu nanti, karena ide yang sudah dipikirkan bisa basi dan kamu sudah kehilangan mood untuk memulainya. So, jangan mau kehilangan kesempatan menjadi womenpreneur ya!

Nah ingin tahu lebih banyak tentang tips terkini untuk menjadi womanpreneur yang sukses di masa pandemi? Yuk ikuti Webinar Program Indonesia Digital Market (IDM) yang bertema '’Solusi Bisnis Wanita Indonesia di Tahun 2021” pada hari Selasa, 20 Oktober 2020 pukul 14.30 – 15.30 WIB; yang akan mengundang 3 narasumber profesional di bidangnya, yaitu Wulan Guritno (Actress & Owner PT Andalan Boga Jaya), Irma Sustika (Founder Of Woman Preneur Community) dan Riana Taluki (Head of HSBC Fusion PT Bank HSBC Indonesia).

Program Indonesia Digital Market yang digagas platform media online Okezone dan HSBC Fusion bertujuan untuk membangkitkan semangat para pengusaha muda agar tetap produktif dan berinovasi di tengah pandemi Covid-19. Para pengusaha harus mempu berdiri di tengah situasi sulit seperti sekarang ini. Dengan tekad yang kuat, mereka pun #TernyataBisaJadiBesar di era New Normal.

CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini