5 Kesalahan yang Bisa Membuat Usaha Anda Bangkrut di Masa Pandemi

Karina Asta Widara , Okezone · Minggu 18 Oktober 2020 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 18 1 2295404 5-kesalahan-yang-bisa-membuat-usaha-anda-bangkrut-di-masa-pandemi-djh52fSqVV.jpeg Foto : Dok.Okezone

Tidak ada seorangpun yang akan memulai bisnis dengan harapan akan gagal. Sebab menjadi sukses dalam berbisnis memang membutuhkan banyak perencanaan yang tepat. Namun di masa pandemi seperti sekarang ini ada banyak usaha kecil dan menengah (UKM) terpaksa gulung tikar karena sudah tidak mampu lagi bertahan di tengahnya pandemi Covid-19. Nah, maka dari itu, mari kita cari tahu kesalahan-kesalahan apa yang mengakibatkan bisnis Anda bangkrut.

Manajemen yang Buruk

Contoh manajemen yang buruk adalah ketidakmampuan untuk mendengarkan, pengelolaan mikro dan kurangnya kepercayaan satu sama lain. Anda perlu mengetahui jika bekerja tanpa standar atau sistem, komunikasi yang buruk, dan kurangnya umpan balik akan mengakibatkan bisnis Anda tidak akan bertahan lama di masa pandemi ini.

Kemampuan untuk Belajar dari Kegagalan

Kita semua tahu bahwa kegagalan dalam memulai bisnis baru akan mempengaruhi Anda, namun pada kenyataannya jarang sekali pebisnis belajar dari kegagalan. Secara realistis, bisnis yang gagal bisa terjadi karena berbagai alasan. Seringkali pengusaha tidak menyadari kesalahan mereka.

Tidak ada Diferensiasi

Tidaklah cukup untuk memiliki produk yang hebat saja. Anda juga harus mengembangkan proposisi nilai yang unik, tanpa Anda akan tersesat di antara persaingan. Apa yang membedakan bisnis Anda dari pesaing? apa yang membuat bisnis Anda unik? Penting bagi Anda untuk memahami apa yang dilakukan pesaing Anda lebih baik dari Anda. Jika gagal membedakan, Anda akan gagal membangun merek.

Kurangnya Modal

Kurangnya modal menyebabkan ketidakmampuan untuk menarik investor. Kekurangan modal adalah tanda yang mengkhawatirkan. Ini justru menunjukkan bahwa bisnis Anda bisa jadi tidak dapat membayar tagihan, pinjaman, dan komitmen keuangan lainnya. Kekurangan modal membuat sulit untuk mengembangkan bisnis dan dapat membahayakan operasi sehari-hari.

Mengabaikan Kebutuhan Pelanggan

Setiap bisnis akan memberi tahu Anda bahwa pelanggan adalah nomor satu, tetapi hanya sebagian kecil yang bertindak seperti itu. Kebanyakan dari bisnis yang gagal juga dikarenakan mereka kehilangan kontak dengan pelanggan mereka.

Untuk mencari solusi dari permasalahan-permasalahan di atas, Okezone kembali menggelar Program Indonesia Digital Market dengan tema '’Solusi Bisnis Wanita Indonesia di Tahun 2021” yang akan diselenggarakan pada Selasa, 20 Oktober 2020 pukul 14.30 – 15.30 WIB; dengan mengundang 3 narasumber handal dibidangnya yaitu, Wulan Guritno (Aktris dan owner PT Andalan Boga Jaya), Irma Sustika (Founder of Womanpreuner Indonesia), dan Riana Taluki (Head of HSBC Fusion PT Bank HSBC Indonesia).

Program Indonesia Digital Market yang digagas platform media online Okezone dan HSBC Fusion bertujuan untuk membangkitkan semangat para pengusaha muda agar tetap bangkit dan tidak terpuruk imbas covid-19 dengan berbagai trik bisnis jadi besar di masa pandemi. Maka dari itu, para pengusaha harus mampu berdiri di tengah situasi sulit seperti sekarang ini. Dengan tekad yang kuat, mereka pun #TernyataBisaJadiBesar di era New Normal.

CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini