Ular Kobra Berkeliaran di Permukiman Warga, Kerap Sembunyi di Balik Kompor

Riski Amirul Ahmad, iNews · Rabu 21 Oktober 2020 14:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 21 519 2297186 ular-kobra-berkeliaran-di-permukiman-warga-kerap-sembunyi-di-balik-kompor-y5gOsqVc6Q.jpg Ular kobra ditangak di dapur warga. Foto: Riski Amirul Ahmad

SITUBONDO - Belakangan ini ular kobra kerap muncul dan berkeliaran di permukiman warga di Kelurahan Dawuhan, Kecamatan Situbondo, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Terbaru hewan reptil tersebut masuk ke dapur sehingga membuat penghuni panik.

Darwanto mengatakan saat itu anaknya masuk ke dapur, kemudian tiba-tiba melihat seekor ular sedang mengejar tikus. Sang anak pun kabur, panik dan ketakutan.

Sementara Darwanto yang mengetahui kejadian itu, ikut panik menyelamatkan diri. "Anak saya lihat ada ular katanya, langsung ularnya ke dapur mengejar tikus. Begini sudah (memperagakan ular siap mematok), saya lari, panjang ularnya. Enggak berani saya pak," ujarnya di lokasi pada Rabu (21/10/2020).

Serangan ular di permukiman warga bukan kali ini terjadi. Darwanto mengatakan beberpa hari lalu juga muncul ular kobra di pelatar dapur warga. "Kemarin-kemarin itu ada juga di belakang sana," ucapnya.

Untuk kejadian hari ini, Darwanto sudah melapor ke Damkar Situbondo dan sekarang evakuasi reptil tersebut sudah selesai dilakukan.

Baca Juga: Warga Cipinang Melayu Dikagetkan Kemunculan 2 Ular Cobra di Dalam Kain 

Petugas Damkar Situbondo, Hasanuddin mengakan pihaknya mengevakuasi ular dari dapur warga dengan cara tradisional, yaitu menggunakan kayu seadanya.

"Pakai alat tradisional saja, alhamdulillah tidak ada kesulitan. Hampir setengah jam (evakuasinya)," ujarnya di lokasi kejadian.

Ia juga menerangkan ular kerap masuk ke dapur dan menyusup ke susunan piring dan di balik kompor gas. "Dia sering masuk ke alat-alat piring di dapur dan kompor-kompor gas yang ada di dalam," tuturnya.

Baca Juga: Kisah Gadis Cantik Penakluk Kobra

Hasanuddin juga menduga ular kobra keluar dari habitatnya untuk mencari makan di permukiman warga. "Diduga seperti yang pernah terjadi di Kartasura (kampung sebelah)," ucapnya.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini