Menlu AS, Mike Pompeo Kunjungi Indonesia Pekan Depan

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 22 Oktober 2020 16:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 22 18 2297887 menlu-as-mike-pompeo-kunjungi-indonesia-pekan-depan-O398G3aZiQ.jpg Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo. (Foto: Departemen Luar Negeri AS)

JAKARTA – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo akan berkunjung ke Indonesia pekan depan. Rencana kunjungan itu diumumkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Kamis (22/10/2020).

"Persiapan terus dibahas termasuk dalam pertemuan saya kemarin (21/10/2020) dengan Dubes Amerika Serikat yang baru, yaitu Dubes Sung Y. Kim," kata Menlu Retno dalam pengarahan pers, Kamis. 

Selain melakukan pertemuan dengan Menlu Retno, Pompeo juga akan mengikuti forum Gerakan Pemuda Ansor mengenai dialog agama dan peradaban. 

BACA JUGA: Ini Kegiatan Prabowo Subianto Selama 4 Hari di Amerika Serikat 

Menurut keterangan pers dari Departemen Luar Negeri AS, kunjungan mantan Direktur Badan Intelijen Pusat (CIA) itu ke Indonesia merupakan bagian dari rangkaian lawatannya ke tiga negara dari 25 Oktober hingga 30 Oktober 2020. Sebelum berkunjung ke Indonesia, Pompeo akan terlebih dahulu menyambangi dua negara Asia Selatan, yaitu India dan Sri Lanka.

BACA JUGA: Menlu AS Sampaikan Ucapan Selamat HUT Ke-75 untuk Indonesia 

Sejauh ini belum ada keterangan lebih detail mengenai rencana kunjungan Pompeo ke Indonesia. Namun dia disebutkan akan memberikan pidato, menegaskan visi AS terkait kawasana Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini