Kunjungi Jateng, Ridwan Kamil Minta Warga Tak Mudik Libur Panjang

Taufik Budi, Okezone · Senin 26 Oktober 2020 03:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 26 512 2299407 kunjungi-jateng-ridwan-kamil-minta-warga-tak-mudik-libur-panjang-y1ncsPyqRm.jpg Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Foto : Okezone.com/Taufik Budi)

SEMARANG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkunjung ke Kota Semarang Jawa Tengah. Dia sempat bertemu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Rumah Dinas Puri Gedeh, membahas sejumlah hal termasuk penanganan Covid-19 dan libur panjang.

“Biasanya kita koordinasi kalau sudah ada libur panjang, kan ada perlintasan orang ke Jawa Tengah lewat Jawa Barat dan sebagainya,” kata pria yang akrab disapa Kang Emil itu kepada awak media di Semarang, Minggu (25/10/2020).

Dua kepala daerah itu berkomitmen untuk terus mengedukasi masyarakat tentang pencegahan penyebaran Covid-19. Di antaranya dengan mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas yang diperkirakan terjadi pada libur panjang 28 Oktober – 1 November 2020.

“Kita sudah bersepakat dengan Pak Ganjar, yang penting 3M, mengenakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak. Karena kalau dia mau kerja atau tidak kerja, virus (Covid-19) itu tingginya kalau tidak menggunakan 3M,” beber dia.

 Korban Covid-19

Untuk itu, Kang Emil mengimbau warga tidak keluar kota atau pulang ke mudik. Sebab, arus mudik sangat berpotensi menimbulkan kerumunan baik selama perjalanan maupun ketika tiba di kampung halaman.

“Jadi sebenarnya kerumunan yang sifatnya mudik itu bisa dihindari potensinya kalau kita disiplin. Nah memang harapannya kalau kalau tidak perlu-perlu amat, bergerak (mudik) selama long weekend itu jangan,” ungkapnya.

“Tapi kalau sudah keburu, kadung ya baru boleh tapi menggunakan 3M. Saya kira itu yang bicarakan (dengan Ganjar). Kemudian saling info terkait konsep masing-masing (penanganan Covid-19) saling bisa menguatkan,” tandasnya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini