Diduga Kelaparan, Ular Piton Raksasa Mangsa Belasan Ternak Warga

Ade Sata, iNews · Sabtu 31 Oktober 2020 10:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 31 340 2301911 diduga-kelaparan-ular-piton-raksasa-mangsa-belasan-ternak-warga-ead8l5t9Yz.jpg Foto: iNews

PALANGKARAYA - Seekor ular piton dengan panjang tiga meter dan berat sekitar tiga puluh kilogram hebohkan warga di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Sabtu (31/10).

Diduga ular yang telah memangsa belasan ternak bebek milik warga ini masuk ke pemukiman karena kelaparan.

(Baca juga: Viral Kadis di Bandung Barat Diintimidasi Warga dengan Ular Sanca)

Sejumlah relawan dari emergency response Palangkaraya berhasil menangkap ular piton tersebut di dalam kandang ternak milik warga di Jalan Bukit Raya Dua Belas Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Dengan menggunakan alat penjepit, ular berhasil dikeluarkan dari kandang meski sempat melakukan perlawanan dan melilit tangan seorang relawan namun ular akhirnya berhasil ditangkap.

Pemilik ternak, Sugeng Prayetno melaporkan adanya ular pitin tersebut, saat mengetahui keberadaan ular di dalam kandang ketika hendak memberi makan ternak bebeknya di pagi hari.

“Dari tiga puluh satu jumlah ternak bebek yang dimiliki kini hanya tersisa sembilan belas ekor, beberapa ekor bebek dimangsa ditempat sementara sembilan ekor bebek dimakan dan dibawa ular ke luar dari kandang,” ujarnya, Sabtu (31/10/2020).

Dia menduga, masuknya ular piton ke pemukiman dan memangsa ternak miliknya ini lantaran ular kelaparan karena di habitatnya sudah tidak ada lagi makanan.

Selanjutnya, setelah dimasukan ke dalam karung, ular piton dibawa relawan ke kantor Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), Kalimantan Tengah untuk diserahkan sebelum dilepaskan kembali ke habitatnya yang aman.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini