Warga Latin Bawa Trump Unggul Jauh di Florida dan Texas

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Rabu 04 November 2020 16:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 04 18 2304156 warga-latin-bawa-trump-unggul-jauh-di-florida-dan-texas-sicHRTNeXS.jpg Donald Trump. (Foto: Reuters)

WASHINGTON - Presiden Donald Trump secara mengejutkan menunjukkan peningkatan pemilih dari ras Latino dan pemilih non-kulit putih lainnya. Demikian jajak pendapat yang dilakukan oleh Edison Research.

Wawancara langsung di pusat pemungutan suara awal sebelum Hari Pemilu, dan wawancara telepon dengan orang-orang yang memberikan suara melalui surat.

Trump memenangkan Florida dan Texas atas melawan Joe Biden sebagian karena dukungan baru dari para pemilih Latin. Di Florida, menurut exit poll, Trump dan Biden membagi suara Latino.

Padahal, pada 2016 Trump hanya memenangkan empat dari 10 pemilih Latin dalam pertarungannya melawan calon Demokrat Hillary Clinton. Secara keseluruhan, dia memenangkan tiga dari 10 pemilih non-kulit putih versus menang hanya dua dari 10 empat tahun lalu.

Trump mempertahankan keunggulannya di antara pemilih kulit putih di Florida. Menurut jajak pendapat Edison Research, enam dari 10 pemilih kulit putih mengatakan mereka memberikan suara untuk Trump, tidak berubah dari 2016.

 

Kampanye Trump berhasil memenangkan hati pemilih Kuba-Amerika di Florida Selatan yang padat sebagai prioritas utama dengan menekankan kebijakan garis keras pemerintah terhadap Kuba dan Venezuela, dan mencap Biden dan Demokrat sebagai "sosialis" dengan cara rezim negara-negara tersebut.

Di Texas, empat dari 10 Hispanik memilih Trump, naik dari tiga dari 10 pada 2016, menurut jajak pendapat di negara bagian itu.

Jajak pendapat tersebut menunjukkan bahwa sekitar 11% orang Afrika-Amerika, 31% Hispanik, dan 30% orang Asia-Amerika memilih Trump, naik 3 poin persentase dari 2016 di antara ketiga kelompok tersebut.

Trump menang di Florida dengan persentase suara 51,2 persen berbading 47,8 persen, dengan 96 persen suara masuk. Dia menang di Ohio 53,3 persen berbading 45,2 persen, dengan 90 persen suara masuk. Dia juga memenangkan Texas dan Iowa dengan margin yang sama. (mrt)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini