Siapapun Presiden AS Terpilih, Menlu Inggris Yakin Hubungannya Makin Menguat

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Rabu 04 November 2020 22:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 04 18 2304321 siapapun-presiden-as-terpilih-menlu-inggris-yakin-hubungannya-makin-menguat-6M9Z2cjRjt.jpg Pilpres Amerika Serikat (AS). (Foto: Reuters)

LONDON - Menteri luar negeri Inggris Dominic Raab mengatakan hubungan Inggris dengan Amerika Serikat akan lebih menguat, apapun hasil pemilu nantinya. Dia sangat yakin sistem Amerika akan memberi kami hasil yang lebih pasti.

"Hubungan Inggris-AS dalam kondisi yang sangat baik, dan kami yakin bahwa hubungan itu akan semakin kuat, siapa pun kandidat yang memenangkan pemilihan," katanya seperti dilansir dari sky.

Saat ini, perolehan suara memang masih dalam tahap penghitungan. Kedua kandidat, baik Donald Trump maupun Joe Bidan, sama-sama mengklaim kemenangan dalam pemilihan AS.

Meski demikian, Raab mengakui bahwa akan ada kontur peluang dan risiko yang sedikit berbeda, dari hubungan Inggris-AS tergantung pada siapa yang ada berada di Gedung Putih.

Namun, menteri luar negeri tersebut mengatakan kepada Sky News bahwa landasan dari hubungan keamanan, ekonomi dan budaya berarti hubungan akan semakin kuat.

"Saya tidak khawatir tentang hubungan kami. Kontur peluang dan risikonya selalu bergeser sedikit, tapi itu perlu disesuaikan dengan konteks dan kepentingan yang lebih luas," tuturnya.

Sementara Sekretaris luar negeri bayangan Lisa Nandy mengatakan kepada Sky News bahwa Partai Buruh ingin bekerja dengan pemerintah AS. Dia mengatakan ada sejumlah besar yang dipertaruhkan untuk Inggris, dan menyerukan pengaturan ulang dalam pendekatan Inggris dengan Amerika.

"Empat tahun terakhir belum menghasilkan keuntungan bagi Inggris. Ada keprihatinan mendalam tentang cara Boris Johnson (PM Inggris) menempatkan dirinya bersama Donald Trump," tutur dia. (mrt)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini