Sarah McBride, Transgender Pertama yang Jadi Anggota Parlemen AS

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Kamis 05 November 2020 14:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 05 18 2304712 sarah-mcbride-transgender-pertama-yang-jadi-anggota-parlemen-as-FTI0OPc6of.jpg Sarah McBride. (Foto: Instagram)

WASHINGTON - Pemilu Amerika Serikat (AS) kali ini memang diwarnai oleh berbagai hal untuk pertama kalinya. Dalam pemilu kali ini, untuk pertama kalinya early vote sangat tinggi, pertama kalinya juga ada calon wakil presiden adalah wanita kulit hitam.

Selain itu, ada juga senator negara bagian transgender pertama di AS, yakni Sarah McBride. Sarah menjadi bagian dari senator setelah dia menang di Delaware.

Dia mengalahkan calon dari Republikan Steve Washington untuk mengambil alih kursi dari rekannya Harris McDowell, yang mundur.

Ms McBride, 30, telah bekerja sebagai sekretaris pers kelompok advokasi LGBTQ Kampanye Hak Asasi Manusia dan menjadi peserta pelatihan di Gedung Putih Presiden Obama. Dia adalah salah satu dari sedikit kandidat yang telah membuat sejarah dalam Pemilu AS 2020.

"Saya harap malam ini menunjukkan kepada seorang anak LGBTQ bahwa demokrasi kita juga cukup besar untuk mereka," cuit McBride setelah kemenangannya seperti dilansir dari BBC.

Ms McBride bukan satu-satunya kandidat transgender yang membuat sejarah selama pemilihan. Taylor Small, 26, dari Vermont terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan, sementara Stephanie Byers membuat sejarah di Kansas sebagai orang trans kulit berwarna pertama yang pernah terpilih menjadi anggota legislatif negara bagian.

Di Oklahoma, Mauree Turner menjadi kandidat non-biner pertama yang memenangkan kursi di badan legislatif negara bagian. Dan di New York, Mondaire Jones dan Ritchie Torres memenangkan kursi mereka dan menjadi orang kulit hitam pertama LGBTQ terbuka yang pernah terpilih menjadi anggota Kongres. (mrt)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini