Menkes Ingin Seluruh Lembaga Pendidikan Siaga Covid-19

Priyo Setyawan, Koran SI · Kamis 19 November 2020 15:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 19 510 2312409 menkes-ingin-seluruh-lembaga-pendidikan-siaga-covid-19-J30fD7Vo0z.jpg Menkes Terawan Agus Putranto (Foto : Sindo/Priyo S)

SLEMAN - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaunching kampus sehat secara virtual yang dipusatkan di Universitas Pembangunan Nusantara Veteran Yogyakarta (UPNVY), Kamis (19/11/2020).

Selain UPNVY, juga ada Poltekes Malang, Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Universitas Aishyiyah Yogyakarta, Unibersitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Amikom Yogyakarta, Universita Islam Sultan Agung Semarang, Universitas Jember dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang deklarasi pencanangan kampus sehat tersebut.

Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto mengatakan kampus sebagai lingkungan pendidikan generasi muda dan menjadi tempat berkumpulnya usia produktif berpotensi sebagai agen perubahan dan berkontribusi melalui berbagai inovasi dalam promosi kesehatan dan pencegahan berbagai penyakit baik menular maupun tidak menular.

“Implementasi kampus sehat sangat diperlukan untuk pembudayaan masayarakat hidup sehat atau germas di kampus, khsusunya dalam pencegahan penyakit menular seperti Covid-19,” kata Terawan dalam sambutannya saat launching dan seminar nasional kampus sehat secara virtual di UPNVY, Kamis (19/11/2020)

Terawan menjelaskan kebiasaan hidup sehat dapat melindungi warga kampus dari terjangkit Covid-19. Kondisi pandemi Covid-19 saat ini menrupakan hal baru sehingga banyak bermunculan berita hoaks. Oleh sebab itu diperlukan peningkatan literasi kesehatan agar masyarakat dapat berperilaku hiudp sehat untuk pengendalian dan mitigasi dampak Covid-19.

“Harapan ke depan seluruh lembaga pendidikan dan perguruan tinggi dapat menjadi kampus sehat dan siaga Covid-19. Pencanangan kampus sehat diharapkan mampu menguatkan, memotivasi serta mendorong semakin banyak membentuk kampus sehat secara menyeluruh melalui edukasi dan promosi kesehatan,” paparnya.

Baca Juga : Satgas Covid-19 Minta Camat Tindak Tegas Pelanggar Protokol Kesehatan

Dalam kesempatan itu Terawan tak lupa mengingatkan warga kampus dan masyarakat untuk tetap patuh dan displin menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

“Jangan kendor lakukan 3 M yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, dan menjaga jarak,” tandasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini