Aduh! Kawanan Gajah Liar Bikin Rusak Kebun Bupati Pidie Jaya

Jamal Pangwa, iNews · Jum'at 20 November 2020 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 20 340 2312978 aduh-kawanan-gajah-liar-bikin-rusak-kebun-bupati-pidie-jaya-JBrhyzh6d8.jpg Kawanan gajah merusak tanaman warga. Foto: Jamal Pangwa

PIDIE JAYA, ACEH - Sepekan terakhir para petani di kawasan kermukiman Cubo, Kecamatan Bandar Baru, Kabupaten Pidie Jaya, Aceh diresahkan oleh aksi kawanan gajah liar. Pasalnya, kawanan gajah tersebut mengobrak-abrik kebun mereka. Bahkan kebun milik bupati juga dirusak oleh kawan gajah tersebut.

(Baca juga: Respons Mundurnya Para Relawan Satgas, Doni Monardo: 3 Bulan Saya Tinggal di Kantor)

"Kami beberapa hari lalu sudah mengupayakan pengusiran dengan pihak BKSDA, namun gajah gajah liar itu tak mau kembali ke habitat nya," tutur Kepala Desa Cubo, Zulfikar, Jum'at (20/11/2020).

Zulfikar mengatakan, kawanan gajah liar ini pertama kali merusak perkebunan milik Bupati Pidie Jaya, Aiyub Abbas. Hampir semua tanaman sawit yang masih berumur muda di makan oleh kawanan gajah liar ini.

Selanjut nya, kawanan gajah liar itu merusak kebun milik warga yang di dalamnya berupa pohon pinang, pisang, sawit dan pohon kelapa. Kehadiran dua gajah jantan di perkebunan warga diperkirakan hampir sepekan terakhir.

(Baca juga: Terungkap, Ternyata Pangdam Jaya Suruh Pria Berbaju Loreng Turunkan Baliho Habib Rizieq)

"Gajah liar ini pertama kali turun langsung ke kebun bupati, namun yang dirusak pohon sawit, karena yang ditanam bupati hanya sawit di dalamnya. Kini warga pun sangat was-was untuk berkebun karena takut jumpa dengan gajah itu," ucap Zulfikar.

Dia berharap agar pihak berwewenang melakukan upaya pengusiran kawanan gajah liar itu ke habitatnya mengingat kehadiran kawanan itu mengganggu para petani yang mau berkebun. (Don)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini