Demam Bonsai Kelapa Dongkrak Harga Sampai Jutaan

iNews TV, MNC Media · Kamis 26 November 2020 12:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 26 610 2316529 demam-bonsai-kelapa-dongkrak-harga-sampai-jutaan-Plf8O20YrR.png Harga bonsai kelapa bisa mencapai Rp5 juta satu pot. (Foto: tangkapan layar)

LAHAT - Bonsai kelapa menjadi salah satu hobi yang baru muncul tahun 2020 ini. Kemunculan hobi bonsai kelapa seiring pandemi Covid-19 ini berhasil mendongkrak harga tunas kelapa. Kelapa sayur yang biasanya dijual tak lebih dari Rp10 ribu kini di mata para pencinta bonsai kelapa menjadi Rp100 ribu.

(Baca juga: Najwa Shihab dan Mantu Habib Rizieq Siap Hadir untuk Klarifikasi)

Eenk Muda, yang menekuni bisnis bonsai kelapa mengatakan, mengenai harga, pihaknya tidak mematok harga. “Tak ada harga khusus untuk sebuah tanaman bonsai kelapa. Yang pasti keinginan dan selera dari setiap orang berbeda-beda,” kata Muda, Kamis (26/11/2020).

Mamun dipastikan, lanjutnya, demam bonsai kelapa berhasil mendongkrak nilai jual kelapa. “Jika kelapa sayur di pasaran harganya tak lebih dari Rp10 ribu, tunas kelapa bisa menjadi Rp 100 ribu sesuai dengan kondisi akar dan bentuk tunas,” tuturnya.

(Baca juga: Era Kapolri Jenderal Idham Aziz Tidak Ada Perwira yang "Menganggur")

Di rumah miliknya, bonsai kelapa menghiasi rumah dengan berbagai jenis bentuk dan ukuran serta corak dan warna. Ada yang menyerupai hewan ada juga yang alami seperti pohon kelapa pada umunya. Namun ukuranya tak lebih dari 20 centi meter.

Eenk mengaku, dirinya tak pernah berniat menjual bonsai kelapa koleksinya, meski sudah pernah ditawari dengan harga selangit. Diakuinya, pernah bonsai miliknya ditawari harga mencapai Rp5 juta, namun dia menolak.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini