Ini 2 Kemampuan Unggulan Prajurit Yonif Pararider 502/Ujwala Yudha

Komaruddin Bagja, Sindonews · Minggu 06 Desember 2020 03:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 06 519 2322443 ini-2-kemampuan-unggulan-prajurit-yonif-pararider-502-ujwala-yudha-Lu0V0WiuOj.jpg (Foto : Sindonews.com/Bagja)

MALANG- Komandan Brigif Para Raider 18/Trisula, Kolonel Inf Ahmad Hadi Al Jufri mengatakan, prajurit Yonif Pararider 502/Ujwala Yudha memiliki dua kemampuan unggulan.

"Ada dua hal kemampuan yang dimiliki oleh satuan Yonif Pararider 502. Yang pertama kemampuan lintas udara, yang kedua adalah kemampuan rider. Yonif Pararider ini adalah satuan hebat, satuan yang memiliki keunggulan dengan dua kemampuan taktis yaitu lintas udara dan kemampuan rider," kata Ahmad kepada awak media, Jumat 4 Desember 2020.

Ia menjelaskan, kemampuan lintas udara adalah kemampuan taktis yang dimiliki oleh seorang prajurit untuk melakukan pemindahan melalui udara dengan diterjunkan untuk merebut sasaran taktis dan strategis. Namun untuk taktik kecil yang sifatnya spesial itu kemampuan rider.

Sehingga satuan batalyon ini memiliki keunggulan, bisa untuk merebut sasaran taktis maupun strategis, maupun sasaran-sasaran yang bersifat spesifik, spesial, agak khusus, yaitu yang dinamakan kemampuan Raid ataupun kemampuan raider.

"Atau bisa digabung keduanya, setelah melaksanakan operasi lintas udara, akan melaksanakan operasi lintas darat lanjutan dengan melaksanakan operasi raid ataupun operasi raider. Itulah kemampuan yang dimiliki oleh satuan Yonif Pararider 502," tegasnya.

Tak sembarang, prajurit yang masuk dalam satuan Yonif Pararider 502 merupakan personel pilihan. Selain kemampuan fisik yang mumpuni, prestasi yang dimiliki juga menjadi bahan pertimbangan.

"Prajurit dipilih berdasarkan kemampuan dengan melaksanakan pemilihan berdasarkan kemampuan fisik terutama, kemudian kemampuan jasmani kesehatan itu kita lakukan saat proses rekrutmen dari hasil-hasil lulusan baik Secata maupun Secaba, kemudian setelah masuk dia akan mengikuti pendidikan secara umum di satuan Kostrad namanya latihan Cakra, kemudian akan mengikuti pendidikan latihan rider," tuturnya

"Selesai melaksanakan latihan rider maka prajurit yang memasuki satuan Brigif Pararider 18 kemudian masuk batalyon akan mengikuti pendidikan dasar Pararider, ini untuk kemampuan lintas udaranya," sambungnya.

Baca Juga : Teriak "Bunuh!" di Depan Rumah Mahfud MD, Pria Ini Jadi Tersangka

Ahmad juga menjelaskan berbagai peragaan dari prajurit Yonif Pararider 502 baik mountaineering maupun tactical strategis. "Yang di demonstasikan tadi itu adalah mulai dari mountaineering kemudian tactical strategies tu adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh tiap prajurit yonif pararider 502. Dimana satuan ini harus tiap saat siap untuk ditugaskan ke medan operasi, baik yang sasaran taktis strategis, maupun sasaran jungle warfare atau perang hutan. Sehingga, kemampuan raider dan lintas udara harus dimiliki oleh seluruh prajurit yang ada di satuan ini," tutupnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini