Selamat, Lisa Lahirkan Bayi Berbobot 114 Kg

Banda Haruddin Tanjung, Okezone · Senin 14 Desember 2020 13:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 14 340 2327279 selamat-lisa-lahirkan-bayi-berbobot-114-kg-enfxzSwMNG.png Lisa dan anaknya. (Foto: BBKSDA Riau)

PEKANBARU - Lisa melahirkan bayinya yang memiliki bobot 114 kilogram. Ini merupakan anak keempat Lisa gajah sumatera yang mendiami Camp Elepants Fliying Squad TNTN (Taman Nasional Teso Nilo) di Kabupaten Pelalawan, Riau. Gajah yang lahir berjenis kelamin jantan.

"Hasil pengukuran morfometri anak gajah memiliki tinggi badan 95 cm, panjang 1,10 cm dan lingkar badan 1,20 cm," kata Plt Kepala Balai Tesso Nilo, Andri Hansen Siregar, Senin (14/12/2020).

Hansen menjelaskan, anak Lisa merupakan hasil perkawinan dengan gajah liar. Dia menjelaskan, kondisi gajah dalam keadaan baik. Kesehatan induk dan anaknya dalam pengawasan.

Dengan kehadirian anak Lisa, maka jumlah gajah penghuni Camp Elepants Fliying Squad TNTN menjadi 9 ekor. Kehadiran bayi yang belum diberi nama ini bisa memberi harapan kelangsung satwa dilindungi ini dari kepunahan.

(Foto: BBKSDA Riau)

Taman Nasional Tesso Nilo berada di antara Kabupaten Pelalawan dan Indragiri Hulu. Namun kondisi taman nasional ini sudah luluh akibat penjarahan. Dari 83 ribu hektare, tersisa hanya sekitar 20 ribu hektare. Sebagian besar lahan taman nasional dikuasi oleh para cukong dijadikan kebun sawit. Sebagian areal juga dicaplok dan dijadikan pemukiman.

Baca juga: Mati Setelah Rebahan, Gajah Yanti Diduga Kena Racun

Belum ada langkah kongkret dari pemerintah untuk penyelamatan taman nasional yang kini dikuasai para cukong dan diduga juga banyak dikuasi oknum aparat.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini