Serangan Teroris di Bandara Kota Aden Yaman Tewaskan 26 Orang

Tim Okezone, Okezone · Kamis 31 Desember 2020 12:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 31 18 2336836 serangan-teroris-di-bandara-kota-aden-yaman-tewaskan-26-orang-MCUC75AYZc.jpg Bandara di Yaman diserang bom, puluhan tewas (foto: reuters)

YAMAN - Sebuah serangan di Bandara Kota Aden di Yaman, sebagaimana dipaparkan sejumlah pejabat pemerintah. Ada setidaknya satu ledakan sesaat setelah pesawat yang mengangkut perdana menteri dan para anggota kabinet pemerintahan baru Yaman tiba dari Arab Saudi.

Di antara para korban terdapat sejumlah pejabat dan pekerja kemanusiaan. Namun, perdana menteri dan para anggota kabinet dalam keadaan "baik". Sementara sebanyak 26 orang dinyatakan tewas dalam insiden tersebut.

Baca Juga: Teror Bom Terjadi di Pesawat Pengangkut Menteri Kabinet Yaman, 22 Dilaporkan Tewas

Tercatat dua kali ledakan terjadi dalam peristiwa ini. Ledakan kedua terjadi tak lama setelah ledakan pertama yang menghancurkan terminal bandara. Menteri Informasi Yaman menuding kelompok pemberontak Houthi melakukan "aksi teroris pengecut".

Yaman porak-poranda akibat konflik yang berkecamuk sejak 2015, tatkala koalisi negara-negara Arab pimpinan Arab Saudi melancarkan operasi militer untuk mengalahkan kelompok Houthi serta mengembalikan kekuasaan Presiden Abdrabbuh Mansour Hadi.

Konflik itu dilaporkan BBC Indonesia, menyebabkan lebih dari 110.000 orang tewas; memicu bencana kemanusiaan terburuk di dunia yang mengakibatkan jutaan orang terancam kelaparan; serta membuat negara itu semakin rentan pada pandemi Covid-19.

Rekaman video pada insiden hari Rabu (30/12) memperlihatkan ledakan besar ketika para penumpang meninggalkan pesawat yang menerbangkan kabinet baru ke Kota Aden.

Kerumunan massa yang berkumpul di dekat landasan untuk menyambut para menteri, seketika kabur diiringi kepulan asap tebal di terminal bandara. Suara tembakan senjata api terdengar beberapa saat kemudian.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini