Kenang Saudara yang Tewas Mati Ditembak Taliban, Veteran Tentara Ini Mendaki 50 Gunung

Susi Susanti, Koran SI · Senin 04 Januari 2021 12:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 04 18 2338449 kenang-saudara-yang-tewas-mati-ditembak-taliban-veteran-tentara-ini-mendaki-50-gunung-G38NhtySCz.jpg Foto: SWNS

 INGGRIS - Veteran tentara memutuskan mendaki mendaki gunung pertama dari 50 gunung di seluruh Inggris tahun ini untuk mengenang saudaranya yang ditembak mati oleh Taliban di Afghanistan

John Davies, 31, dari St Helens, Merseyside, mengambil tantangan untuk mengenang saudaranya Chris, yang tewas ditembak pada 2010.

Usaha kerasnya ini sudah dimulai sejak Tahun Baru kemari, saat dia berjalan sepanjang 25 mil naik dan turun di Yorkshire Three Peaks.

Selama 12 bulan ke depan, veteran itu berencana akan menaklukkan puluhan gunung di Inggris termasuk Scafell Pike di Lake District dan Snowdon di Wales.

Hal ini dilakukannya demi saudaranya, mendiang Chris. Chris, 22, diketahui sedang berpatroli di Provinsi Helmand ketika dia disergap oleh pemberontak Taliban dan ditembak tepat di dadanya.

Hal ini juga dilakukan demi mengumpulkan uang untuk badan amal angkatan bersenjata, Veterans’ Lifeline, yang membantu mendukung mantan prajurit yang sedang berjuang.

John berada di Helmand pada saat saudara laki-lakinya meninggal dan kedua pria itu bertugas dengan Pengawal Irlandia.

(Baca juga: 28 Tahun Dipenjara karena Salah Dakwaan, Pria Ini Terima Ganti Rugi Rp133 Miliar)

John mengatakan melintasi pegunungan Whernside setinggi 736 meter, Ingleborough setinggi 722 meter dan Pen-y-ghent setinggi 694 meter, jauh lebih sulit dari yang dia bayangkan.

“Itu benar-benar bagus tetapi pasti jauh lebih sulit daripada yang saya kira,” terangnya, dikutip Daily Mail.

“20 mil pertama baik-baik saja tetapi kemudian kaki saya mulai membunuh saya dan saya berpikir, Saya ingin sekali menyerah sekarang, tetapi itu tidak akan pernah terjadi,” ungkapnya.

“Aku melakukan ini untuk amal yang besar dan juga untuk saudaraku jadi pasti tidak akan ada yang menyerah,” tambahnya.

“Chris akan banyak memikirkan saya saat saya mendaki. Itu tidak akan menjadi pikiran sedih tapi bagaimana dia akan menertawakanku saat aku berjuang,” ungkapnya.

“Dia akan menjadi orang pertama yang datang dan melakukannya denganku,” tambahnya.

Diketahui, John bertugas dengan Pengawal Irlandia selama satu dekade sebelum pensiun di pangkat Guardsman pada 2018.

Dia melakukan tiga tugas di Timur Tengah. Termasuk tugas bersama sudaranya Chris pada 2010.

John mengatakan ide untuk melakukan tantangan gunung datang padanya musim panas lalu setelah dia memutuskan untuk kembali ke pelatihan kebugaran.

“Saya kemudian memutuskan untuk melakukan semuanya atas nama saudara laki-laki saya sebagai sedikit motivasi tambahan. Aku tidak bisa mengecewakannya sekarang,” terangnya.

Dia berharap bisa mendaki gunung hampir setiap akhir pekan pada tahun ini. Dia berusaha keras untuk menyelesaikan Tantangan Tiga Puncak Gunung Nasional. Termasuk mendaki gunung tertinggi di Inggris, Skotlandia, dan Wales dalam waktu 24 jam.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini