7.000 Nakes di Malang Jadi Prioritas Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama

Avirista Midaada, Okezone · Jum'at 08 Januari 2021 10:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 08 519 2340949 7-000-nakes-di-malang-jadi-prioritas-vaksinasi-covid-19-tahap-pertama-bGqKOlV6xo.jpg Ilustrasi (Foto : Theedgedmarket)

MALANG - Sebanyak 7.000 tenaga kesehatan (Nakes) sudah terdata dan akan mendapat prioritas pertama vaksinasi Covid-19. Nakes yang terdata tersebut terdiri dari negeri dan dari tenaga kesehatan swasta.

Wali Kota Malang Sutiaji menyatakan, dari pendataan Dinas Kesehatan (Dinkes) memang ada sekitar 7.000 tenaga kesehatan di Kota Malang yang akan mendapat prioritas vaksinasi Covid-19.

"Vaksin di kita yang sudah didata oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) itu ada 7.000 sekian. Yang belum atau yang masih mau di data itu ada 6.600 sekian. Itu belum terverifikasi," ujar Sutiaji ditemui pada Jumat (8/1/2021) di Balai Kota Malang.

Dari jumlah tersebut diakuinya belum seluruhnya terdaftar, mengingat ada total 14 ribu tenaga kesehatan yang ada, termasuk dari swasta. Namun dari jumlah itu hanya setengahnya yakni 7.000 yang sudah siap dilakukan vaksinasi.

"Semuanya kami prioritaskan baru nakes. Perintahnya (dari Kemenkes) begitu. Itu semuanya (baik nakes negeri dan swasta) di Kota Malang," ucap pria kelahiran Lamongan ini.

Baca Juga : Gisel Jalani Test Covid-19 Sebelum Jalani Pemeriksaan, Ini Hasilnya

Kemudian, pada tahapan selanjutnya yang akan menjadi prioritas untuk vaksinasi yakni pelayan publik seperti karyawan BUMD (badan usaha milik faerah) Kota Malang hingga perbankan yang banyak berkomunikasi dengan masyarakat.

"Pelayan publik, dari teman-teman PDAM, teman-teman perbankan yang selalu komunikasi dengan masyarakat. Tapi ini belum (terkait pendataan), belum ada instruksi selanjutnya, fokusnya masih di nakes," terangnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini