Viral Ibu Hamil Ditandu 12 Km ke Puskesmas Akibat Jalan Rusak

Huzair Zainal, iNews · Kamis 14 Januari 2021 23:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 14 340 2344664 viral-ibu-hamil-ditandu-12-km-ke-puskesmas-akibat-jalan-rusak-l1oDmFsucp.jpg

POLMAN - Viral video ibu hamil tua yang akan melahirkan terpaksa ditandu dari Desa Lenggo, Kecamatan Bulo, Polewali Mandar, Sulbar. Wanita bernama Nurmi (40) itu ditandu sepanjang 12 Kilometer menuju puskesmas kecamatan.

Nurmi harus ditandu bergantian selama 5 jam lantaran akses jalan yang memperhatikan. Nurmi harus dibawa ke puskesmas karena sulit untuk melahirkan di kampungnya. 

Dari video yang beredar dan viral di media sosial, puluhan warga berangkat dari desa sejak pukul 4 pagi menuju puskesmas. Warga harus silih berganti untuk menandu. Tak hanya harus melawati jalan terjal, namun juga menyeberangi sungai sebanyak dua kali. 

Warga menempuh waktu perjalanan kurang lebih 5 jam. Merka berangkat dari Desa Lenggo pukul 4 subuh dan tiba di puskesmas kecamatan pada pukul 8 pagi. 

Menurut salah stau kerabat, peristiwa ini sudah seringkali terjadi. Setiap warga sakit ataupun ingin melahirkan terpaksa harus ditandu menuju rumah sakit.

Akses jalan yang rusak parah memaksa warga harus merasakan penderitaan sejak bertahun-tahun lamanya. Jangankan untuk roda dua, kendaraan roda empat saja sulit melewati ruas jalan penghubung desa ke kecamatan.

Baca juga: Heboh! Warga Garut Barter Rumah Rp500 Juta dengan Tanaman Hias

Saat ini Nurmi sendiri dikabarkan telah dirawat di rumah sakit, bahkan telah melahirkan. 

Warga berharap ada keseriusan dari dinas terkait yakni PU atau Pemkab Polewali Mandar polewali mandar untuk segerahmembenahi akses jalan ini. 

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini