Polisi Masih Memburu Terduga Pelaku Pembunuhan Staf KPU Yahukimo

Antara, · Selasa 19 Januari 2021 10:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 19 340 2346845 polisi-masih-memburu-terduga-pelaku-pembunuhan-staf-kpu-yahukimo-eHwOH1eIsn.jpg Kapolda Papua. (Foto: Antara)

JAKARTA - Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw menyatakan, polisi masih memburu terduga tersangka pembunuhan staf KPU Yahukimo, Hendry Jovinski yang dibunuh 11 Agustus 2020 lalu.

Paulus mengatakan, dari hasil penyelidikan, terduga pelaku saat ini berada di sekitar areal penambangan yang lokasinya memang jauh dari ibu kota Yahukimo.

Ia mengatakan dari hasil penyelidikan sementara, aksi tersebut diduga dilakukan Ananias Yalak alias Senat Soll. Ananias merupakan mantan anggota TNI yang dipecat karena tersandung kasus penjualan amunisi.

Ketika ditanya tentang KM, staf KPU Yahukimo yang mengajak korban ke rumahnya yang kemudian saat pulang korban diserang dengan senjata tajam hingga meninggal, Kapolda Papua mengaku statusnya masih saksi.

Baca juga: Kapolda Papua Sesalkan Peristiwa Berdarah di Mamberamo Raya

“Walaupun keterangan yang disampaikan ke penyidik masih dirasa ada kejanggalan, namun statusnya belum ditingkatkan,” kata Waterpauw, Senin 18 Januari 2021.

Meski demikian, menurut dia, bisa saja statusnya berubah setelah terduga tersangka ditangkap.

Selain tersangkut kasus pembunuhan terhadap Jovinski, Ananias diduga juga terlibat sejumlah kasus kriminal yang terjadi di Dekai yakni pembunuhan Muhammad Thoyib, (39) di Jalan Bandara Nop Goliat, Distrik Dekai, dengan nomor LP/39/VIII/2020/Papua/Resor Yahukimo,tertanggal 20 Agustus 2020.

Serta kasus yang terjadi tanggal 26 Agustus 2020 bertempat di jembatan Kali Buatan, jalan Gunung, Distrik Dekai, yang menewaskan Yauzan alias Ocang (34 th) karyawan toko bangunan dengan nomor: LP/42/VIII/Papua/Resor Yahukimo Tanggal 26 Agusus 2020, kata Irjen Pol Waterpauw yang dihubungi dari Jayapura.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini