Hasil Swab Negatif Covid-19, Keluarga Bongkar Makam Pasien Suspek Lalu Memandikannya

Ruslan AS, iNews · Selasa 26 Januari 2021 15:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 26 340 2351101 hasil-swab-negatif-covid-19-keluarga-bongkar-makam-pasien-suspek-lalu-memandikannya-gznwdjtm5p.JPG Foto: Ruslan AS

LAMPUNG - Keluarga di Enggal, Bandar Lampung bongkar makam kerabatnya yang dikuburkan dengan protokol Covid-19 di TPU Jalan KH Ahmad Dahlan, Kelurahan Pahoman, Kecamatan Enggal Bandar Lampung, Selasa tadi. Pembongkaran makam itu, karena hasil tes swab almarhum ternyata negatif Covid-19.

Satu makam pasien Covid-19 di tempat pemakaman umum (TPU) Kelurahan Pahoman Enggal Bandar Lampung dibongkar dan dimandikan lagi oleh pihak keluarga. Pembongkaran dilakukan pihak keluarga, setelah mengetahui hasil tes swab almarhum Aliunur Umar (78) negatif.

Setelah membongkar dan membuka peti jenazah, pihak keluarga kemudian memandikan dan menguburkan kembali almarhum, tanpa menggunakan peti.

Pemulasaran ulang oleh pihak keluarga ini sebagai bentuk penghormatan kepada orang tua. Sebab, jenazah meninggal dunia bukan karena covid-19. Namun, hasil pemeriksaan rumah sakit, diketahui jenazah memiliki riwayat infeksi paru-paru dan jantung.

Proses pemulasaran ulang warga Jalan Way Ketibung Nomor 17, LK 2 Kelurahan Pahoman, Enggal ini juga disaksikan aparat kecamatan lurah dan babinsa setempat.

Salah satu anak almarhum Aliunumar, Kurniawan menyatakan, tidak akan melakukan penuntutan kepada siapapun. "Tapi saya berharap, peristiwa ini tidak perlu terjadi lagi," jelasnya.

Sebelumnya, pasien atas nama Aliunumar, sempat dirawat pada 19 Januari 2021. Diduga terkena Covid-19, pasien dirawat di ruang isolasi pasien khusus Covid-19, dan dimakamkan dengan cara protokol Covid-19 pada 20 Januari 2021. Saat itu, hasil swab pasien belum keluar.

Namun, setelah hasil tes swab keluar. ternyata pasien negatif Covid-19 dan diagnosa memiliki riwayat penyakit infeksi paru dan jantung.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini