Mengenaskan, Swab Massal Justru Memicu Kerumunan Orang

Dharma Setiawan, iNews · Kamis 28 Januari 2021 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 28 608 2352353 mengenaskan-swab-massal-justru-memicu-kerumunan-orang-QKxlrviHxX.jpg Swab massal di Kota Pematangsiantar justru menjadi pemicu kerumunan orang/Foto: Dharma Setiawan-iNews

PEMATANGSIANTAR - Ratusan orang mengikuti tes swab massal di Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara. Niat baik memastikan kondisi kesehatan, justru menjadi penyebab pelanggaran protokol kesehatan (prokes), yakni kerumunan orang.

Sejak Kamis (28/1/2021), seluruh peserta antre menunggu giliran menjalani tes yang dilakukan petugas dari Dinas Kesehatan Kota Pematangsiantar. Sayangnya, mereka tidak menjaga jarak atau physical distancing.

Tidak terlihat petugas yang mengatur antrean warga sehingga memicu kerumunan. Selain itu, kerumunan disebabkan tingginya antusias warga namun tidak sebanding dengan tenaga medis medisnya.

Baca juga: Sedang Asik Demo, Pedagang di BKT Justru Diwajibkan Tes Antigen

Tes dilakukan di rumah singgah bagi warga yang sedang menjalani isolasi karena positif Covid-19. Prioritas kepada penyitas dan dengan kontak erat.

Pemerintah Kota Pematangsiantar untuk kesekian kalinya melakukan tes swab massal. Tes dilakukan kepada anak-anak, orang dewasa, hingga lansia.

Upaya ini dilakukan sebagai langkah tracking bagi warga yang memiliki kontak erat dengan warga yang dinyatakan postif Covid-19.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini