Curhat Penggali Kubur saat Kematian Akibat Covid-19 Tinggi, Masuk Angin Dikira Kena Virus

Taufik Budi, Okezone · Jum'at 05 Februari 2021 05:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 05 512 2356783 curhat-penggali-kubur-saat-kematian-akibat-covid-19-tinggi-masuk-angin-dikira-kena-virus-Z2KTFbnfLm.jpg Foto: Taufik Budi

SEMARANG – Angka kematian akibat Covid-19 masih belum terkendali. Penggali kubur yang berada di garda paling ujung, tak kalah sibuknya ketika melaksanakan tugas pemakaman. Selain cepat, mereka juga mesti menerapkan protokol kesehatan agar tak turut terpapar.

“Jenazah (pasine Covid-19) nyampai sini hujan enggak hujan, bahkan hujan terus kaya apa kita lakukan langsung pemakaman, sesegera mungkin tertutup,” kata seorang penggali kubur di TPU Jatisari, Mijen, Kota Semarang, Maryadi, Kamis (4/2/2021).

Pria asal Kabupaten Boyolali itu pun menceritakan sempat diliputi kepanikan ketika merasa kurang enak badan. Kekhawatiran terpapar virus corona kerap kali menghantui, terlebih sesuai melakukan pemakanan.

“Kita pas pemakaman itu aja itu ada yang masuk angin. Kita punya perasaan takut. Saya sampai masuk angin kaya gini itu masuk angin biasa, atau (terpapar Covid-19),” ungkap dia.

Baca Juga: 2 Minggu PPKM, Satgas: Kasus Aktif Covid-19 Melandai, Keterisian RS Menurun Drastis

“Takutnya kan kita yang menangani langsung pemakaman (pasien) Covid. Ya (sempat diliputi) takut ya. Alhamdulillah itu bukan (terpapar corona), cuma masuk angin biasa, karena kecapaian aja,” tandasnya.

Sebagai penggali kubur, dia prihatin dengan banyaknya warga yang meninggal dunia karena Covid-19. Sebab jika ada pasien Covid-19 meninggal dunia dan akan dimakamkan di TPU Jatisari, dirinya harus siaga, meski dalam kondisi malam sekali pun. Dia berharap, pandemi Covid-19 segera berakhir dan tak ada lagi warga yang terinfeksi.

Staf TPU Jatisari, Warni, menambahkan, jumlah pasien Covid-19 yang meninggal dan dimakamkan di TPU Jatisari sejak 2 April 2020 sampai sekarang mencapai ratusan orang. "Kurang lebih 428 orang (pasien Covid-19 meninggal dimakamkan di TPU Jatisari)," bebernya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini