Fauci: Covid-19 Varian Inggris Bisa "Dominan" di AS

Agregasi VOA, · Selasa 09 Februari 2021 05:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 09 18 2358902 fauci-covid-19-varian-inggris-bisa-dominan-di-as-nyXvtCgSwb.jpg

WASHINGTON – Kepala Penasihat Medis Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, Dr. Anthony Fauci mengatakan virus Covid-19 varian Inggris menyebar cepat sehingga bisa menjadi varian virus yang dominan di AS pada akhir Maret mendatang.

Berbicara dalam konferensi pers virtual dengan tim tanggap Covid-19 Gedung Putih pada Senin (8/2), , Fauci mengatakan varian asli dari virus corona sekarang ini masih "dominan" di AS.

Tapi Fauci, mengatakan varian Inggris yang dijuluki varian B117, menyebar dengan cepat dan bisa menjadi dominan di AS dalam enam minggu.

(Baca juga: Aksi Demonstrasi Kudeta Myanmar, Polisi Semprotkan Meriam Air, Indonesia Siapkan Evakuasi WNI)

Namun Fauci menjelaskan berita baiknya adalah vaksin yang sedang didistribusikan di AS sekarang ini cukup efektif melawan varian B117 itu. Tapi dia memperingatkan vaksin itu kurang efektif melawan varian virus yang berasal dari Afrika Selatan.

Fauci mengatakan harapannya adalah virus itu bisa lebih dikendalikan sebelum varian itu menjadi dominan di AS.  "Caranya dengan memvaksinasi semakin banyak orang dan memberlakukan protokol kesehatan," terangnya.

(Baca juga: Disebut Tak Ampuh di Afsel, Australia Tetap Gunakan Vaksin Covid-19 AstraZeneca)

Menurut data terbaru dari Pusat Pengendalian Penyakit AS, sedikitnya 32 juta orang telah menerima satu dosis vaksin Covid-19 dan lebih dari 9.5 juta telah menerima dua dosis.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini