Jangan Khawatir, Covid-19 Tidak Dapat Menyebar Lewat Bola Tenis atau Kriket

Susi Susanti, Koran SI · Kamis 11 Februari 2021 12:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 11 18 2360396 jangan-khawatir-covid-19-tidak-dapat-menyebar-lewat-bola-tenis-atau-kriket-9eo7yuO4fn.jpg Bola tenis (Foto: Reuters)

INGGRIS – Jika Anda khawatir bola tenis atau kriket akan menularkan virus Covid-19, karena bola ini dipegang banyak orang, informasi ini mungkin akan membantu.

Para peneliti, yang dipimpin oleh Liverpool School of Tropical Medicine, mengatakan "tampaknya tidak mungkin" bola dan aksesori olahraga lainnya menjadi penyebab utama penularan Covid-19.

Mengapa? Karena virus itu paling tidak dapat ditransfer pada bahan penyerap seperti sarung tangan kriket dan bola tenis dibandingkan dengan peralatan yang tidak berpori seperti sadel balap dan bola rugby.

“Apa pun yang sedikit menyerap seperti bola tenis atau beberapa bola kriket kasar, sangat sulit untuk mentransfer virus hidup apa pun darinya,” terang Dosen senior Dr Emily Adams.

"Kami pikir transmisi dari peralatan olahraga mungkin sangat rendah dalam kasus ini,” jelasnya.

(Baca juga: Gadis 12 Tahun Diperkosa Beramai-ramai, Dibunuh, Dikremasi, Orangtuanya Disandera Selama 12 Hari)

“Intervensi kesehatan masyarakat harus difokuskan pada pemain dan bagaimana pemain berinteraksi sebelum pertandingan, selama pertandingan dan setelah pertandingan dan dalam transportasi daripada peralatan olahraga itu sendiri,” ungkapnya.

Dia mengatakan kontak antarpemain menjadi risiko yang lebih tinggi.

Mentransfer virus corona melalui bola mungkin tidak banyak menjadi masalah, tetapi ancaman tertular lewat kerumunan dan tidak menjalankan protokol kesehatan (prokes) terus menjadi perhatian.

(Baca juga: Pakar Penyakit Menular: Manusia Rusak Habitat Alam, Covid-19 Tidak Akan Hilang 6 Tahun ke Depan)

 

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini