Wagub Jabar: Penambangan Liar Salah Satu Penyebab Banjir Subang

Antara, · Sabtu 13 Februari 2021 13:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 13 525 2361409 wagub-jabar-penambangan-liar-salah-satu-penyebab-banjir-subang-4aSZxxmWQ0.jpg Korban banjir mengungsi di bawah jembatan layang Pamanukan, Subang, Jawa Barat. Februari 2021. (Foto: Antara)

KARAWANG - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengungkapkan penyebab banjir di Subang, Jawa Barat, salah satunya karena adanya penambangan liar di Sumedang.

"Air datang dari beberapa kabupaten, dari Majalengka, Sumedang dan Garut. Setelah kami teliti ternyata di aliran dan hulu sungai, beberapa kabupaten itu, di Sumedang ada penambangan liar," ujar Ruzhanul di Subang, Jawa Barat, Sabtu (13/2/2021).

BACA JUGA: Tim SAR Cari Wanita yang Panik Minta Tolong di Medsos karena Terjebak Banjir Subang

Hal tersebut disampaikan Ruzhanul dalam laporannya, ketika mendampingi Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin menyerahkan bantuan kepada korban banjir di Subang, Jawa Barat, Sabtu.

Dia mengatakan selain penambangan liar di Sumedang, terdapat juga alih fungsi lahan di Garut. Meskipun alih fungsi lahan itu berizin namun, kata dia, dalam sekian tahun tetap saja berdampak pada banjir.

Sementara di Majalengka terdapat pengalihan fungsi persawahan dan sebagainya.

"Artinya banjir di Subang tidak berdiri sendiri," kata Ruzhanul.

Dia mengatakan pada Senin (15/2/2021) pekan depan dirinya sesuai instruksi Gubernur Jawa Barat, akan melakukan rapat koordinasi dengan pemda. Dia menyatakan akan membahas hal tersebut dalam rakor tersebut.

BACA JUGA: 13 Desa Dan 7 Kecamatan Terendam Banjir di Karawang, Ribuan Warga Mengungsi

Wapres RI Ma'ruf Amin dalam sambutannya memberikan perhatian pada penambangan liar di Sumedang.

Wapres menegaskan hal-hal berkaitan kerusakan lingkungan harus bisa dicegah.

"Karena itu memang harus dicegah, termasuk tadi yang penambangan liar. Kalau tidak, semua merugi. Harus kita cegah. Tidak hanya rehabilitasi dan perbaikan, tapi juga pencegahan," jelasnya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini