Miris! Tak Punya Ruang Belajar, Siswa Belajar di Teras Sekolah Pakai Tenda

Rus Akbar, Okezone · Kamis 18 Februari 2021 04:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 18 340 2363919 miris-tak-punya-ruang-belajar-siswa-belajar-di-teras-pakai-tenda-dSg2S5udCG.jpg Siswa SD terpaksa belajar di teras sekolah pakai tenda karena tak punya ruang belajar (Foto: Rus Akbar)

PADANG - Mulai dari kelas 2,3 dan 5 siswa SD Negeri 08 Sagulubbek, Kecamatan Siberut Barat Daya, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat terpaksa belajar di teras sekolah lantaran ruang belajar masih kurang.

Kepala SDN 08 Sagulubbek, Jonas kepada Media Portal Indonesia menuturkan saat ini hanya dua ruang belajar yang ada dan satu pustaka yang dijadikan kantor. Untuk dua ruang belajar yang ada itu ditempati oleh kelas 1, 4 dan 6.

“Dua ruangan itu dikasih sekat biar bisa belajar tiga kelas, sementara untuk ruang kelas 2,3 dan 5 itu belajar di teras sekolah memakai dinding terpal dan sebagian atap daun sagu dicampur dengan terpal,” katanya, Rabu (17/2/2021)

Baca Juga:  Pemprov DKI Posting Jadwal Operasional saat PSBB, Netizen: Sekolah Buka Dong

Dulu memang ada sekolah di tepi pantai namun karena menghindari ancaman tsunami akhirnya dipindahkan di SMP di daerah itu namun, karena tahun ajaran baru bulan Juli 2020 siswa SMP sudah banyak makanya dipindahkan ke sekolah tersebut.

“Awalnya sebagian siswa sekolah di SMP karena sudah banyak siswanya, pihak sekolah meminta ruang belajar mereka, akhirnya kita pindah disini sejak Juli 2020,” ungkapnya.

Tidak tahu sampai kapan siswa belajar tersebut, itu sudah disampaikan kepada Kabid, mudah-mudahan tahun ini ada pembangunan gedung baru. “Itu pun tidak tahu kita kapan itu dibangung,” tutur Jonas.

Untuk bangunan dua ruangan itu telah dibangun sejak 2015 hanya ada dua belajar. “Kita juga sudah sampaikan kepada anggota DPRD Mentawai yang datang berkunjung disini tapi tidak tahu juga kelanjutannya,” terangnya.

Baca Juga:  SKB 3 Menteri soal Seragam Sekolah, Muhammadiyah: Tidak Ada Kaitan dengan Mutu Pendidikan

Jonas menambahkan, seluruh siswa itu jumlahnya ada 117 orang, untuk siswa yang belajar di teras itu kelas 2 sebanyak 21 orang, kelas 3 ada 13 orang dan kelas 5 ada 20 orang, selebihnya kelas 1, 4 dan 6 belajar dalam ruang.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini