123.143 Lansia di Malang Tunggu Giliran Vaksin Covid-19

Avirista Midaada, Okezone · Kamis 18 Februari 2021 14:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 18 519 2364221 123-143-lansia-di-malang-tunggu-giliran-vaksin-covid-19-79iQbXj1ph.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com/Avirista)

MALANG - Keputusan pemeritah pusat memberikan lampu hijau vaksinasi Covid-19 pada 123.143 orang lanjut usia (lansia) direspons Kota Malang. Satgas penanganan Covid-19 telah mengumpulkan data berdasarkan koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

"Di Kota Malang, sesuai data dari Dispendukcapil, total ada 123.143 lansia. Sebelum divaksin mereka harus discreening kesehatan," ucap Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Malang dr. Husnul Muarif saat dikonfirmasi media, pada Kamis (18/2/2021).

Namun diakuinya, dari data tersebut pihaknya bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang akan terlebih dahulu melakukan screening dan tes kesehatan, yang menjadi syarat vaksinasi Covid-19.

Screening meliputi pemeriksaan kesehatan secara umum.

"Screening kesehatan meliputi pemeriksaan secara umum, yakni tensi darah, berat badan, suhu, tekanan darah, respirasi hingga saturasi oksigen," ungkapnya.

Screening dilakukan pada saat hari H vaksinasi. Para lansia juga akan diberi 12 item pertanyaan. Dari situ akan terlihat, para lansia bisa mengikuti vaksinasi atau tidak.

"Nanti di meja 2 discreening, apa mereka punya komorbid atau apa. Lalu, juga harus menjawab 12 pertanyaan. Dari situ ditentukan apakah lansia ini boleh divaksin, ditunda atau tidak memungkinkan untuk divaksin," tambahnya.

Direktur RSUD Kota Malang itu juga menerangkan bahwa tidak ada perlakuan yang berbeda dalam proses vaksinasi lansia.

"Tidak ada, sama saja. Antara vaksinasi kriteria normal dan untuk lansia di atas usia 60 ke atas tidak ada bedanya. Jenisnya juga sama, Sinovac," kata Husnul kembali.

Baca Juga : Tingkat Kesembuhan Covid-19 Tinggi, RSUD Wongsonegoro Semarang Tutup 3 Ruang Isolasi

Baca Juga : Waduh! 1.163 WNA-WNI Masuk Indonesia Bawa PCR Negatif, Dites Ulang Ternyata Positif Covid-19

Pihaknya juga gencar melakukan sosialisasi vaksinasi kepada khalayak luas. Supaya masyarakat tidak takut untuk divaksin.

"Selain itu, juga kita maksimalkan sebar edukasi lewat leaflet atau brosur. Sosialisasi sudah dimulai sejak proses pendataan berlangsung,'' tutupnya.

Sebagai informasi lansia akan menjadi prioritas vaksinasi Covid-19 di tahap dua. Serlain lansia, vaksinasi covid-19 tahap dua juga akan diprioritaskan bagi petugas pelayanan publik dari kepolisian, TNI, guru, hingga ASN.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini