49 Ikan Paus Terdampar di Pesisir Bangkalan, Hanya 3 yang Selamat

Taufik Syahrawi, iNews · Jum'at 19 Februari 2021 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 19 519 2364896 49-ikan-paus-terdampar-di-pesisir-bangkalan-hanya-3-yang-selamat-r6ytBwxsGC.jpg 49 Ikan Paus terdampar di Bangkalan (Foto : iNews)

BANGKALAN - Puluhan ekor ikan paus terdampar di pesisir selatan Bangkalan. Namun, kondisi cuaca yang buruk menyulitkan nelayan setempat untuk menyelamatkan mamalia berukuran besar itu, dari 49 ekor yang terdampar, hanya 3 yang bisa diselamatkan.

Ikan paus itu terlihat oleh nelayan di Selat Madura, Kamis siang kemarin. Meski berusaha dihalau agar ke tengah, namun ikan-ikan besar ini terus merapat ke pesisir pantai Desa Patereman, Kecamatan Modung, Kabupaten Bangkalan, Madura.

Akibatnya, mereka malah terdampar di pantai karena air laut yang mulai surut.

Warga dan nelayan setempat pun tak bisa berbuat apa-apa. Bobot ikan yang cukup besar, membuat mereka kesulitan mengevakuasi ke laut. Bahkan, banyak dari ikan paus ini kemudian mati karena terluka akibat terumbu karang di pantai.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa yang datang ke lokasi mengatakan, dari 49 ekor ikan paus yang terdampar, hanya tiga yang berhasil diselamatkan. Sementara empat 46 ekor lainnya mati.

Baca Juga : Penyebab Banjir Jaksel: Tanahnya Diambil untuk Meninggikan Senayan

Khofifah menjelaskan, warga sebenarnya sempat berhasil mengevakuasi banyak ikan paus, namun mereka ternyata kembali lagi ke pinggir pantai hingga akhirnya mati.

"Ikan paus yang sudah mati akan dilakukan exercise oleh fakutas kedokteran hewan. Saya sudah minta untuk membawa eskavator, tapi proses penguburannya juga menunggu air surut," ujar Khofifah, Jumat (19/2/2021).

Foto dan video yang banyak tersebar di media sosial membuat banyak warga dari sekitar Kabupaten Bangkalan dan kabupaten sampang berdatangan ke pesisir pantai yang terletak di perbatasan dua kabupaten tersebut. Selain ingin mengetahui langsung, mereka terlihat mengabadikan momen langka tersebut.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini