Terkena Infeksi, Pangeran Philip Akan Dirawat Beberapa Hari di RS

Susi Susanti, Koran SI · Rabu 24 Februari 2021 06:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 24 18 2367257 terkena-infeksi-pangeran-philip-akan-dirawat-beberapa-hari-di-rs-pC5gyQNOHr.jpg Pangeran Philip (Foto: CNN)

LONDON - Pangeran Philip, suami Ratu Elizabeth II, sedang dirawat karena infeksi dan diperkirakan tidak akan meninggalkan rumah sakit selama beberapa hari.

"Duke of Edinburgh tetap di Rumah Sakit King Edward VII untuk menerima perawatan medis untuk infeksi. Dia merasa nyaman dan menanggapi perawatan tetapi diperkirakan tidak akan meninggalkan rumah sakit selama beberapa hari," kata istana dalam sebuah pernyataan.

Pangeran Philip dibawa ke rumah sakit Selasa (23/2) lalu setelah "merasa tidak enak badan”.

Menurut sumber kerajaan, Pangeran Philip masuk ke Rumah Sakit King Edward VII dengan mobil dan berjalan tanpa bantuan. Sumber menegaskan ini bukan keadaan darurat dan penyakit itu tidak terkait dengan virus  Covid-19.

Pada Selasa (23/2) , putra bungsu Pangeran Philip, Pangeran Edward, mengatakan kepada Sky News Inggris jika dirinya baru-baru ini berbicara dengan ayahnya, yang "jauh lebih baik" dan berharap untuk kembali ke rumah.

Pangeran Edward berkata keluarganya masih "berharap" untuk ayahnya.

"Kami mendapat beberapa pesan cemerlang dan indah dari semua jenis orang. Dan kami sangat menghargai itu dan begitu pula dia. Saya telah menyampaikannya," terang Pangeran Edward.

Pada Senin (22/2), cucunya, Pangeran William, mengatakan sang kakek yang telah berusia 99 tahun itu baik-baik saja dan staf rumah sakit "mengawasinya."

(Baca juga: PM Inggris Optimis Pembatasan Covid-19 Segera Berakhir pada 21 Juni)

Pangeran William membuat pernyataan tersebut saat berkunjung ke pusat vaksinasi di Norfolk, Inggris, pada Senin (22/2).

(Baca juga: Tiga Penjara Rusuh, 50 Tahanan Tewas, Beberapa Napi Terluka)

Diketahui, Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth telah disuntik setidaknya satu dosis vaksin Covid-19.

Pasangan itu menghabiskan sebagian besar tahun lalu di Kastil Windsor, setelah pindah dari Istana Buckingham selama gelombang pertama pandemi Covid-19 pada musim semi 2020.

Pangeran Philip, yang akan berulang tahun ke-100 pada Juni mendatang, mundur dari kehidupan publik pada 2017 dan telah dibawa ke rumah sakit beberapa kali dalam beberapa tahun terakhir.

Pada Desember 2019, dia menerima perawatan rumah sakit karena kondisi sakit yang diderita sebelumnya.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini