Jalur Pantura Semarang Masih Jadi Lautan Banjir

Taufik Budi, Okezone · Jum'at 26 Februari 2021 09:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 26 512 2368614 jalur-pantura-semarang-masih-jadi-lautan-banjir-DBRs5NjrgF.jpg Banjir di Jalur Pantura Kaligawe saat ini (foto: ist)

SEMARANG Jalur pantura Kaligawe Semarang, Jawa Tengah masih terendam banjir dengan ketinggian bervariasi hingga 60 sentimeter. Hujan deras masih mengguyur disertai angin kencang sehingga perlu kewaspadaan ketika melintas.

“Hari ini Jumat (26/2/2021) pukul 05.30 WIB, di depan Kecamatan (genuk) Lama genangan air 50-60 sentimeter,” kata Kapolsek Genuk Kompol Subroto.

Baca juga:  30 Titik Banjir Semarang, Ketinggian hingga 90 Cm

Hanya truk dan kendaraan besar yang berani melintas genangan. Arus lalu lintas dari Semarang ke Demak dan sebaliknya cukup lengang. Kendaraan hanya bisa berjalan pelan karena banyak lubang jalan yang tertutup banjir.

“Arus lalu lintas dari Semarang ke Demak dan sebaliknya Demak ke Semarang tersendat, karena genangan air masih tinggi,” imbuhnya.

 Baca juga: Pantura Kaligawi Semarang Banjir, Sejumlah Truk Terperangkap di Terowongan Jembatan Tol

“Cuaca hujan,” tandasnya.

 

Sebelumnya, Kasat lantas Polrestabes Semarang, AKBP Sigit, mengatakan, hujan deras yang mengguyur Kota Semarang beberapa hari ini dengan intensitas tinggi, mengakibatkan banjir di beberapa wilayah, terutama di wilayah Kecamatan Genuk. Bahkan, banjir di wilayah Genuk semakin meningkat, sejak pada Kamis 25 Februari sore.

"Kita pantau hari ini sejak sore, debit air semakin meningkat di wilayah kaligawe, khususnya di sekitar Kecamatan Genuk, ini dikarenakan hujan semakin deras di wilayah Semarang," kata dia.

Dijelaskan Sigit, ketinggian banjir di Jalan Kaligawe mencapai 60 - 80 centimeter. Untuk itu, aparat Polrestabes Semarang melakukan evakuasi terhadap karyawan rumah sakit dan pekerja pabrik yang berada di Kaligawe, dengan menggunakan truk.

"Karena air semakin meningkat, kita lakukan evakuasi terhadap pegawai rumah sakit dan karyawan pabrik, sementara jalan Kaligawe lumpuh total," jelas Sigit.

"Untuk sementara kita alihkan arus lalu lintas yang melintas di Kaligawe, karena sudah tidak mungkin untuk dilalui truk truk besar, sebab air semakin meningkat," imbuhnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini