Dihantam Badai, Kapal Motor Angkut 20 WNA Ukraina Terbalik

Mukmin Azis, iNews · Rabu 03 Maret 2021 14:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 03 340 2371565 dihantam-badai-kapal-motor-angkut-20-wna-ukraina-terbalik-Epws7LSCnB.jpg 20 WNA Ukraina usai dievakuasi tim Basarnas (foto: ist)

BALIKPAPAN - Sebanyak 20 warga negara asing asal Ukraina berhasil diselamatkan usai kapal motor cepat, yang mereka tumpangi terlibat kecelakaan laut di perairan Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa 2 Maret 2021 malam.

Seluruh korban dilaporkan sempat terombang ambing menggunakan plampung sebelum akhirnya diselamatkan kapal yang melintas.

Baca juga:  Kisah 6 Nelayan Lolos dari Maut Setelah Terombang-ambing di Laut

Salah seorang motoris speedboat Syahril mengaku, dia bersama dua rekannya sesama motoria datang ke Kapal Eurydiki menjemput ABK yang akan turun ke darat karena ada keperluan. Dua kapal mengangkut ABK sementara satu unit kapal disewa mengangkut barang barang.

“Setelah saya jemput pakai speedboat, baru meninggalkan kapal sekira dua menit ada badai yang menghantam speed mereka hingga tenggelam,” kata Syahril, Rabu (3/3/2021).

 Baca juga: Tangis Mewarnai Evakuasi Nelayan yang Kakinya Putus Tergilas Mesin

Sejak pagi hari di dermaga Pelabuhan Semayang Balikpapan, unsur gabungan Basarnas Balikpapan dan TNI-Polri melakukan proses evakuasi 20 warga negara asing asal Ukraina yang mengalami kecelakaan laut di Teluk Balikpapan tersebut.

Satu persatu korban dipindahkan dari kapal menuju dermaga untuk selanjutnya dibawa menuju rumah sakit terdekat menggunakan ambulans.

“Berdasarkan informasi yang diterima Basarnas Kaltim sebanyak 23 orang terombang ambing di lautan menggunakan pelampung akibat speed boat yang ditumpangi mengalami kecelakaan dan terbalik di perairan Teluk Balikpapan,” kata Kasi Ops Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Balikpapan, Octavianto.

Kecelakaan laut ini sendiri terjadi sekira pukul 22.24 wita tepatnya di Buoi Nol. Peristiwa ini diketahui berawal dari adanya laporan yang diterima Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan bahwa telah terjadi laka air speed boat crew kapal di perairan Teluk Balikpapan.

Laporan diterima petugas sebanyak 23 orang terombang ambing di lautan menggunakan pelampung. 20 WNA Ukraina sementara 3 korban diketahui motoris kapal cepat. 12 orang korban berhasil diselamatkan dan berada di kapal MV Manalagiasa.

Sementara 11 korban lainnya yang berhasil diselamatkan dan berada di kapal TB Mulia 7 yang berdekatan dengan kapal MV Manalagiasa.

“Melalui Pelabuhan Semayang Balikpapan, tim langsung menuju lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi terhadap seluruh korban,” terangnya.

"Diketahui seluruh korban merupakan anak buah kapal (abk) kapal Eurydiki," tambah dia.

Sebelum kecelakaan terjadi mereka rencananya menuju Balikpapan menggunakan kapal motor cepat sewaan guna melakukan swab PCR sebagai syarat menggunakan pesawat dari Balikpapan menuju Jakarta untuk kembali ke negara masing masing.

"Jadi ada 20 yang merupakan WNA mereka rencananya mau swab PCR untuk menggunakan pesawat dari Balikpapan menuju Jakarta untuk kembali ke negara masing masing, namun pukul 22.20 wita terjadi laka disekitaran buih nol, mereka menggunakan tiga speed, satu speed untuk barang dan dua speed boat ditumpangi kapal mereka terbalik,” pungkas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini