Kisah 6 Nelayan Lolos dari Maut Setelah Terombang-ambing di Laut

Taufik Budi, Okezone · Rabu 20 Januari 2021 18:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 20 512 2347886 kisah-6-nelayan-lolos-dari-maut-setelah-terombang-ambing-di-laut-LAMkEbpHbF.jpg Nelayan berhasil diselamatkan setelah terombang-ambing di laut (Foto: Taufik Budi)

SEMARANG – Sebanyak enam anak buah kapal (ABK) tugboat Logindo terombang-ambing di tengah laut akibat kapal yang mereka tumpangi terbalik di Perairan Pemalang Jawa Tengah. Mereka harus bertahan hidup sembari menunggu pertolongan tim SAR.

"Keenam ABK tersebut terombang-ambing dengan menaiki lifecraft mengikuti arah angin. Sekira pukul 11.00 WIB enam ABK tersebut ditemukan nelayan Pemalang yang kebetulan sedang mencari ikan di sekitar Perairan Roban Kabupaten Batang," kata Kepala Basarnas Semarang, Nur Yahya, Rabu (20/1/2021).

Baca Juga:  Kapal Nelayan di Batang Tenggelam, 15 ABK Terombang-ambing di Laut

Tim SAR gabungan yang menerima informasi tersebut langsung bergerak ke lokasi untuk memberikan pertolongan. Hingga pukul 15.00 WIB, tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi seluruh ABK dalam keadaan selamat.

"Tim langsung ke Perairan Batang untuk memastikan dan setelah tiba di lokasi benar bahwa mereka adalah ABK yang kami cari. Keenam ABK tersebut didapati dalam keaadan kelelahan selanjutnya dievakuasi ke Pelabuhan Wonokerto Kabupaten Pekalongan," sambungnya.

Diberitakan sebelumnya, dini hari tadi, tugboat Logindo dengan person on boat (POB) enam awak, melintas dari barat dengan menarik tongkang. Setelah sampai di Perairan Pemalang kapal tersebut terhempas ombak dan menabrak karang.

Tugboat Logindo tersebut berusaha menarik tongkang namun tidak kuat, tali putus dan tugboat kehilangan kendali hingga hanyut tenggelam. Keenam ABK tugboat tersebut lalu menyelamatkan diri dengan menaiki lifecraft.

Baca Juga:  Lima Orang Tewas Tenggelam di Waduk Cirata Purwakarta

Basarnas Semarang yang menerima informasi tersebut lantas mengirimkan dua tim SAR untuk melakukan pencarian terhadap enam ABK tersebut. Yakni tim pencarian di pesisir pantai utara Pemalang dan tim pencarian di laut oleh ABK Kapal KN SAR Sadewa.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini