Gaduh Video Drama Serangan Sihir, Gus Idris Resmi Dilaporkan ke Polisi

Avirista Midaada, Okezone · Sabtu 06 Maret 2021 03:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 06 519 2373237 gaduh-video-drama-serangan-sihir-gus-idris-resmi-dilaporkan-ke-polisi-YWHD14JjjJ.jpg Tangkapan layar media sosial

MALANG - Video viral penembakan Idris Al Marbawy atau Gus Idris akhirnya berujung laporan sekelompok organisasi pemuda yang mengatasnamakan Forum Pemuda Milineal Malang Selatan (Fordamas) ke Mapolres Malang pada Jumat (5/3/2021).

(Baca juga: Diduga Hoaks, Polisi Akan Panggil Gus Idris Soal Video Penembakan)

Pengaduan ini terkait video rekayasa penembakan yang sempat viral beberapa waktu lalu. Dalam laporannya Fordamas menyebut video tersebut hanyalah sandiwara.

Presidium Fordamas Fahmi Aziz mengatakan, pengaduan itu dibuat karena video yang dibuat oleh Gus Idris cs itu mengakibatkan simpang siur di mata masyarakat.

"Sebelumnya video itu kan menayangkan seolah-olah Gus Idris tertembak oleh orang tidak dikenal. Tapi kemudian setelah diklarifikasi ia mengaku tidak benar. Itu kan berarti prank," ungkapnya usai membuat pengaduan di Mapolres Malang.

(Baca juga: Menyesal Tunjuk Moeldoko sebagai Panglima TNI, SBY: Saya Mohon Ampun pada Allah)

Fahmi menilai tindakan pembuatan video semacam itu tidak mendidik bagi masyarakat. "Kami berharap, pihak kepolisian bisa menyelidiki. Jika ada unsur pidana maka supaya segera ditindak," pungkasnya.

Sementara itu, Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar membenarkan adanya aduan yang disampaikan Fordamas tersebut. "Mereka menyatakan keberatan. Sebab, video itu sempat membuat keresahan di masyarakat," ujarnya.

Atas dasar itu, Hendri mengaku akan melakukan penyelidikan lebih lanjut, untuk mencari fakta-fakta baru atas video itu. "Kemungkinan akan ada orang-orang baru yang akan kami periksa. Orang-orang yang saat itu ada di tempat kejadian. Sementara ini, ada 6 orang yang kami periksa," katanya.

Lebih lanjut, Perwira berpangkat dua melati itu mengatakan berdasarkan hasil penyelidikannya, darah yang mengalir dari tubuh Gus Idris dalam video itu merupakan kapsul yang sebelumnya diminum, dan dibeli secara online. "Kapsul itu kalau diminum memang menimbulkan efek keluar darah dari tubuh," tukasnya.

Sedangkan untuk menyelidiki akun yang pertama share video Gus Idris tersebut juga tengah diselidiki oleh Polres Malang, bersama tim Cyber Crime Polda Jawa Timur.

"Yang pasti, lokasi pengambilan video itu ada di Kecamatan Pacet, Mojokerto," tutup Hendri.

Sebelumnya diberitakan, Gus Idris dari Ponpes Thoriqul Jannah diduga tertembak saat berada di Markas Nyi Ronggeng. Adegan Gus Idris tertembak ini terekam di video live youtube di kanal pribadinya Gus Idris Official. Belum diketahui secara pasti lokasi tertembaknya Gus Idris yang beredar di dalam video.

Di video berdurasi 4 menit 14 detik, tampak Gus Idris diduga mengalami tembakan oleh orang tak dikenal. Di video Gus Idris yang berjalan menuju mobil terkena dugaan tembakan hingga terkapar.

Tampak di video detik 56 terdengar suara letupan seperti suara tembakan. Tak berselang lama Gus Idrus pun terkapar dengan mengalami luka di bagian dada kanan. Tampak dada kanan Gus Idris mengeluarkan darah.

Namun selang sehari kemudian Gus Idris mengklarifikasi bahwa apa yang dialaminya adalah serangan sihir makhluk gaib yang seolah ditembakkan ke dirinya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini